PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI DARUL ULUM WARU SIDOARJO

Arida Nurmala, 111414253012 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI DARUL ULUM WARU SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
T.Psi. 20-18 Nur p Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
T.Psi. 20-18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya motivasi belajar rendah di sekolah mulai dari tingkat dasar hingga tingkat universitas. Observasi dan wawancara awal dengan guru bahasa Inggris serta peserta didik menunjukkan pembelajaran menggunakan metode konvensional serta motivasi belajar yang rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif, yaitu pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran konvensional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi belajar yang dikemukakan oleh Keller. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain alternative-treatments design with pretest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV B MI Darul Ulum yang berjumlah 27 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi skala motivasi belajar dari Keller (2010). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan m etode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar secara signifikan pada mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik kelas IV B yang terlihat dari hasil analisis data menunjukkan taraf signifikansi p = 0,00 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 T.Psi. 20-18 Nur p
Uncontrolled Keywords: TGT, motivasi belajar, pembelajaran kooperatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Arida Nurmala, 111414253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika Suprapti, Dra., M.S.Ed.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Jul 2018 21:55
Last Modified: 01 Jul 2018 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item