PEMBERIAN TEPUNG Moina sp. SEBAGAI SUBSTITUSI Artemia sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN ASAM AMINO LEUSIN LARVA KERAPU CANTIK (Epinephelus fuscoguttatus x Epinephelus microdon)

ARGA ISWARA, 141311133248 (2018) PEMBERIAN TEPUNG Moina sp. SEBAGAI SUBSTITUSI Artemia sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN ASAM AMINO LEUSIN LARVA KERAPU CANTIK (Epinephelus fuscoguttatus x Epinephelus microdon). Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.62-18 Isw p ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.62-18 Isw p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerapu cantik (Epinephelus fuscoguttatus x Epinephelus microdon) merupakan kerapu hibrid hasil persilangan antara kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) betina dengan kerapu batik (Epinephelus microdon) jantan. Dalam pembenihan kerapu cantik dibutuhkan pakan alami, pakan yang diberikan pada larva kerapu cantik adalah Artemia sp..Namun memiliki harganya mahal dan kandungan asam amino leusin hanya sekitar 6,1 %, sehingga perlu adanya subtitusi salah satunya adalah Moina sp. yang memiliki harga lebih murah dan kandungan asam amino leusin sekitar 8%. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi larva dan mengurangi biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dosis dan pemberian tepung Moina sp. sebagai substitusi Artemia sp. mampu meningkatkan pertumbuhan dan kadar asam amino leusin pada pemeliharaan larva kerapu cantik (Epinephelus fuscoguttatus x Epinephelus microdon) Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap. terdiri atas lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah dosis pemberian tepung Moina sp. Analisis data yang digunakan ialah ANAVA dan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan antar perlakuan tidak berbeda nyata (p<0,05), dan kandungan leusin tertinggi ada pada pelakuan P4. Dari hasil penelitian disimpulkan perlakuan yang memberikan tingkat pertumbuhan dan kandungan asam amino leusin tertinggi adalah P4 dengan presentase 80% (pakan komersial) : 20 % (tepung Moina sp.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.62/18 Isw p
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ARGA ISWARA, 141311133248UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Jul 2018 17:56
Last Modified: 03 Jul 2018 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72960
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item