KEDUDUKAN KREDITOR PEMEGANG JAMINAN HIPOTEK KAPAL LAUT INDONESIA BILA TERJADI PEROMPAKAN OBJEK JAMINAN

MUHAMMAD RIZKY SYAHRUR RIZAL, S.H. NIM., 031524153050 (2018) KEDUDUKAN KREDITOR PEMEGANG JAMINAN HIPOTEK KAPAL LAUT INDONESIA BILA TERJADI PEROMPAKAN OBJEK JAMINAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
THB. 16-18 Riz k Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
THB. 16-18 Riz k.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Kedudukan Kreditor Pemegang Jaminan Hipotek Kapal Laut Indonesia Bila Terjadi Perompakan Objek Jaminan ini bertujuan untuk meneliti mengenai penerapan manajemen risiko kredit, mulai dari manajemen risiko perbankan itu sendiri hingga manajemen risiko asuransinya. Dalam hal ini nantinya asuransi digunakan sebagai pengalihan risiko akibat musnahnya objek jaminan kapal laut akibat perompakan, juga meneliti apa saja yang dapat menjadi proteksi alternatif selain dari proses manajemen yang telah dilakukan sebelumnya. Metode Penelitian yang digunakan dalam tesis ini menggunakan metode penelitian Normatif yang merupakan penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap peraturan perundang-undangan dan literatur yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pertama : Proses manajemen risiko yang dilakukan oleh bank selaku kreditor, merupakan pilar utama pihak kreditor untuk lebik selektif dalam pemilihan nasabah, mengingat pemberian kredit terhadap usaha pelayaran memerlukan dana yang cukup besar. Begitupula risiko yang kan ditimbulkan, terutama risiko terkait perompakan kapal itu sendiri Kedua: Bahwa dalam penjaminan asuransi di Indonesia masih belum ada standart klausula atau aturan yang khusus tentang asuransi kapal laut tersebut. Terutama dalam pembahasan masalah perompakan. Karena di dunia Internasional terdapat banyak pengertian perompakan mulai dari UNCLOS, IMO, IMB dan Marine Insurance Act (MIA) 1906 yang memberikan definisi berbeda. Dikhawatirkan akan terjadi dispute apabila terjadi klaim terhadap objek yang dijadikan jaminan, sehingga kreditor memerlukan solusi lain untuk mengurangi dampak dari kerugian tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB. 16-18 Riz k
Uncontrolled Keywords: Hipotek, Manajemen Risiko, Perompakan, Asuransi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1241-1287 Insurance
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RIZKY SYAHRUR RIZAL, S.H. NIM., 031524153050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Jul 2018 23:12
Last Modified: 03 Jul 2018 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72986
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item