DETERMINAN KINERJA KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS PADA LINGKUNGAN MULTITUGAS

ALFA RAHMIATI, 041317147306 (2018) DETERMINAN KINERJA KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS PADA LINGKUNGAN MULTITUGAS. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
Dis. A. 12- 18 Rah d.pdf
Restricted to Registered users only until 5 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. A. 12- 18 Rah d Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh determinan kinerja kelompok dalam konteks pengambilan keputusan taktis yang meliputi otoritas alokasi upaya, heterogenitas sumber daya, dan kejelasan target kinerja dalam lingkungan multitugas. Fenomena globalisasi menyebabkan penelitian tentang kinerja kelompok menjadi semakin penting karena organisasi modern semakin dituntut untuk mengubah cara pandangnya terhadap bisnis dengan lebih bersandar pada struktur kerja dan kinerja berbasis kelompok. Hasil penelitian sebelumnya tidak bisa berlaku sepenuhnya karena kondisi lingkungan bisnis yang sangat berbeda dengan kondisi di masa lalu. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen antarsubjek, dengan desain faktorial 2 x 2 x 2. Faktor dalam eksperimen ini adalah Otoritas alokasi upaya (tidak ada otoritas dan ada otoritas), Heterogenitas sumber daya (homogen dan heterogen), dan Kejelasan target kinerja (rendah dan tinggi). Variabel dependen dalam eksperimen ini adalah Kinerja Kelompok (group performance). Orang yang berperan serta sebagai subjek dalam eksperimen ini adalah mahasiswa program studi Akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Akuntansi Manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Otoritas alokasi upaya terbukti berpengaruh terhadap kinerja kelompok dalam pengambilan keputusan taktis. Heterogenitas sumber daya juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja kelompok. Kejelasan target kinerja belum terbukti berpengaruh terhadap kinerja kelompok. Interaksi otoritas alokasi upaya dan heterogenitas sumber daya terbukti berpengaruh terhadap kinerja kelompok, sedangkan interaksi seluruh variabel independen belum terbukti berpengaruh terhadap kinerja kelompok.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. A. 12- 18 Rah d
Uncontrolled Keywords: heterogenitas sumber daya, kejelasan target kinerja, kinerja kelompok, otoritas alokasi upaya, pengambilan keputusan taktis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ALFA RAHMIATI, 041317147306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Made Narsa, Prof. Dr., M.Si., CAUNSPECIFIED
ContributorBasuki, Drs., M.Com (Hons)., Ph.D., CMA, CA, Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jul 2018 17:27
Last Modified: 04 Jul 2018 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72997
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item