PENGARUH COLOR DESIGN TERHADAP PLEASURE DAN APPROACH/AVOIDANCE BEHAVIORS PADA ARTIFICIAL SPECIALTY STORE

OKTIVANY RETNANINGTYAS, 040510314 (2011) PENGARUH COLOR DESIGN TERHADAP PLEASURE DAN APPROACH/AVOIDANCE BEHAVIORS PADA ARTIFICIAL SPECIALTY STORE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-retnaningt-13057-b24210-p.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-retnaningt-13057-b24210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri ritel berkembang semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah pusat perbelanjaan di kota-kota besar seperti Kota Surabaya. Retailer berbasis toko dengan kategori toko berorientasi pada barang umum yaitu sebuah Specialty Store yang menjual produk kebutuhan sehari-hari mulai dari pakaian, sepatu, tas, serta peralatan rumah tangga, semakin banyak dikunjungi karena menawarkan banyak kelebihan dibandingkan pasar tradisional. Persaingan tersebut mendorong para pemilik Specialty Store harus melakukan strategi diferensiasi yang tepat agar toko tersebut lebih menarik dari para pesaingnya. Salah satu cara untuk membuat Specialty Store tersebut terlihat berbeda dan lebih menarik dari yang lain adalah melalui perancangan desain toko itu sendiri. Dalam merancang desain sebuah Specialty Store , ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dalam pemilihan warna. Tiap warna yang dipilih memiliki makna yang berbeda-beda apabila digunakan dalam desain sebuah toko. Warna yang dipilih tersebut diharapkan dapat menarik.perhatian partisipan sehingga timbul minat untuk memasuki Specialty Store Specialty Store tersebut. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui adanya color="#FF0000">pengaruh yang ditimbulkan warna hangat dan warna dingin terhadap pleasure konsumen pada Specialty Store serta mengetahui adanya color="#FF0000">pengaruh yang ditimbulkan pleasure konsumen terhadap approach/avoidance behaviors. Penelitian ini menggunakan dasar desain penelitian eksperimen, yang dibentuk pada eksperimen laboratorium dengan memanfaatkan gambar toko artificial dengan menggunakan software khusus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen within-subject design dengan memanipulasi empat kondisi yang diambil dari empat warna dasar yang berbeda yaitu merah dan kuning (warna hangat) serta biru dan hijau (warna dingin). Pengumpulan data ini menggunakan metode eksperimen postmeasure only design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang difokuskan pada uji hipotesis dengan memakai teknik analisis ANOVA Univariate dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya color="#FF0000">pengaruh warna, terutama warna merah (kategori warna hangat) terhadap pleasure konsumen dan approach/avoidance behaviors pada Specialty Store . Color design Toko Serba Ada dengan warna merah dinilai paling positif. Toko dengan desain warna merah merupakan yang paling mampu menarik perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 242/10 Ret p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
OKTIVANY RETNANINGTYAS, 040510314UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Dr. Hj., S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 03:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item