PERILAKU MENJAGA KESEHATAN SECARA TRADISIONAL MASYARAKAT BANGSAWAN DI KELURAHAN KEPANJIN KABUPATEN SUMENEP

RB. ASYIM, 101514153040 (2018) PERILAKU MENJAGA KESEHATAN SECARA TRADISIONAL MASYARAKAT BANGSAWAN DI KELURAHAN KEPANJIN KABUPATEN SUMENEP. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TKM. 28-18 Asy p Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TKM. 28-18 Asy p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sehat merupakan hak kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap manusia. Sistem kesehatan tradisional yang dikenal secara luas baru berfokus pada pengobatan saja (kuratif), ada upaya lain yang bersifat pencegahan (preventif) sebelum upaya pengobatan dilakukan. Mengenai peningkatan status kesehatan masyarakat upaya ini memiliki kedudukan yang sangat strategis, karena lebih murah dalam pembiayaan dan mudah dalam pelaksanaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis konsep perilaku menjaga kesehatan dalam budaya tradisional yang terdapat dalam tata laksana mendirikan rumah tinggal (pemilihan tempat (tanah), pengaturan tata letak, pemasangan jimat dan ritual membakar dupa) serta posisi dan waktu tidur sehingga akan ditemukan konsep sehat sakit. Metode yang digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai perilaku menjaga kesehatan secara tradisional, dengan menggunakan studi kepustakaan dan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku menjaga kesehatan secara tradisional yang terdapat dalam tata laksana mendirikan rumah tinggal serta posisi dan waktu tidur mempunyai makna mengendalikan hawa nafsu untuk menghindari dorongan perilaku yang dapat mensengsarakan kehidupan manusia, apalagi kesehatan tidak hanya berkaitan dengan aspek fisik semata. Akan tetapi, jika ditinjau dari sudut pandang ilmu kesehatan modern, perilaku tersebut ada hubungannya dengan kesehatan dan atau terjadinya suatu penyakit. Adapun faktor yang mempengaruhi kesehatan berasal dari faktor internal dalam tubuh termasuk pengendalian hawa nafsu dan faktor eksternal termasuk kondisi lingkungan alam di sekitar manusia, sedangkan sakit dipengaruhi oleh faktor tingkah laku, guna-guna, lingkungan manusia dan takdir, sedang upaya pencegahan agar tetap sehat dengan perilaku manusia yang wajar serta kemampuan manusia dalam mengendalikan nafsunya dalam menjalani kehidupan. Disarankan pada pendidikan kesehatan yang disampaikan kepada masyarakat, sehingga persepsi atau mitos-mitos yang ada di masyarakat bisa dijelaskan secara logika dari sisi ilmu kesehatan modern.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM. 28-18 Asy p
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Tradisional, Gaib, Nafsu, Konsep Sehat Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RB. ASYIM, 101514153040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorMohammad Zainal Fatah, Dr., Drs., MS., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jul 2018 18:47
Last Modified: 04 Jul 2018 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item