PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOSI PEMBELANJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT UNTUK BERKUNJUNG ULANG DI TOKO HOUSE OF ROTTEN APPLE

ERLANGGA, 040114096 (2007) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOSI PEMBELANJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT UNTUK BERKUNJUNG ULANG DI TOKO HOUSE OF ROTTEN APPLE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-erlangga-9382-b6908-k.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7302.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengusaha clothing indie mengalami perkembangan yang cukup pesat di Surabaya. Pengusaha clothing indie adalah individu atau kelompok individu dari komunitas musik independen yang awalnya memproduksi pakaian untuk dijual pada komunitas mereka saja. Dalam perkembanganya produk pengusaha clothing indie dapat menarik minat masyarakat secara umum karena memilki desain, model serta hiasan gratis yang berbeda dari produk sejenis yang banyak ditemui di pasaran. Salah satu toko di Surabaya yang menjual produk¬produk yang dihasilkan oleh pengusaha clothing indie adalah House of Rotten Apple. namun, meningkatnya jumlah toko-toko pesaing yang menjual produk dengan kualitas dan harga sejenis membuat konsumen sering menghadapi situasi yang menuntut mereka untuk menentukan pilihan di antara beberapa alternatif toko. Dalam hal ini, store atmosphere sangat dinerlukan untuk membedakan sebuah toko dengan toko-toko pesaing. Lebih lanjut, strore Atmosphere dapat mempengaruhi emosi pembelanaja dimana emosi tersebut dapat berupa emosi postif atau emosi negatif. Para pengecer hendaknya merancang store atmosphere yang dapat mempengaruhi emosi pembelanja secara positif dan menghindari tanggapan emosi negatif, karena apabila emosi yang dirasakan pembelanja:: adalah positif , maka hal tersebut akan mempengaru hi perilaku mereka. Untuk itu diperlukan suatu penelitian terhadap store atmosphere dari pemasar, karena akan berpengaruh terhadap emosi pembelanja dan kemuduan berdampak pada niat untuk berkunjung ulang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh store atmosphere yang terdiri dari store exterior, general store interior, store layout dan interior display terhadap emosi pembelanja dan dampaknya terhadap niat untuk berkunjung ulang di toko House of Rotten Apple. Penelitian inn menggunakan pendekatan kuantitatif yaita penelitian yang menitik beratkan apada pengujian hipotesa dengan alat analisa inetode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasi. Popuiasi dalam pemenuhan ini adalah seluruh pembelanja di toko House of Rotten Apple baik pria maupun wanita. khususnya mereka yang sedang membeli produk pakaian di took House of Rottem Apple baik pria dan wanita pernah menggunakan fasilitas kamar pas (fitting roost). Sampai responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode non probabiliti sampling. karena tidaksemua individu dari populasi diberi kesempatan yang sama untuk menjadi. anggota sample. Pengambilan sampel diiakukan secara purposive, dimana pembelanja yang diambil sebagai responden penelitian harus memenuhi persyaratan, yaitu pembelanja yang sedang membeli produk pakaian ditoko House of Rotten Apple dan pernah menggunakana fasilitas kamar pas di toko tersebut . Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120. sedangkan alat uji yang diguunakan adalah analisis jalur ( path anlaysis ) dengan menggunakan alat Bantu amos 4.0. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan, maka diperoleh kesimpulan: store exiertor (XI) berpengaruh terhadap emosi pembelanja (Z) karena hasil uji statistic menghasilkan CR, sehesar 5.1.23 dengan tingkat signifikasi . 0 000, general store interior (X2}berpengaruh trehadap emosi pembelanja (Z) karena hasil uji statistik menghasilkan CR sebesar 7.463 dengan tingkat signifikansi 0.000. store layout (X3 ) berpengaruh terhadap emosi pembelanja, (.Z) karena hasil_ uji statistik menghasilkan CR sebesar 3.828 dengan tingkat signifikasi 0.000, interior-display (X4) uberpengaruh terhadap emosi pembelanja (Z) karena hasil uji statistik menghasilkan CR sebesar 4.026 dengan tingkat signifikasi 0.000. Emosi pembelanja Z berpengaruh terhadap niat untuk- berkunjung ulang (Y) karena hasil uji statistik menghasilkan CR sebesar 3.568 dngan tingkat signifikasi 0.000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 69/08 Erl p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; BRAND CHOISE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ERLANGGA, 040114096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorY. Lilik Rudianto, Drs., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 07 Apr 2009 12:00
Last Modified: 13 Jul 2017 23:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item