ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP SIKAP KARYAWAN DALAM BEKERJA PADA PT SUMMIT OTO FINANCE SURABAYA

LILA RACHMAWATI, 040631561 (2008) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP SIKAP KARYAWAN DALAM BEKERJA PADA PT SUMMIT OTO FINANCE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-rachmawati-9375-b11208-k.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7305a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini pola pasar ekonomi dunia telah berubah dengan cepat. Salah satu pendorongnya adalah teknologi informasi yang mendorong timbulnya globalisasi yang pada akhimya telah menjangkau berbagai aspek kehidupan. Kunci untuk dapat bersaing dalam pasar global yang modern adalah peningkatan kualitas. Keberhasilan ekonomi di negara-negara maju lebih banyak didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dibanding sumber daya alamnya. Kualitas somber daya manusia merupakan prioritas sekaligus tantangan yang harus dihadapi agar dapat bersaing dalam era globalisasi. Salah satu usaha yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya adalah melalui penerapan Total Quality Management (TQM) atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Pengendalian Mutu Terpadu (PMT). PT Summit Oto Finance merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan Total Quality Management (TQM) sejak tahun 2000. PT Summit Oto Finance merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor. Beberapa tahun terakhir perusahaan dihadapkan pada pilihan yang sulit, antara mempertahankan pangsa pasar dan laba bersih. Masuknya pesaing Baru dan gencarnya promosi pesaing yang bergerak dibidang yang sama menyebabkan perusahaan harus mempertahankan marginnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan TQM berupa customer focus, training and education, empowerment and teamwork, continuous improvement and problem prevention terhadap sikap karyawan berupa job involvement, job satisfaction, career satisfaction dan organizational commitment pada PT Summit Oto Finance. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan karyawan PT Summit Oto Finance Surabaya yang berjumlah 180 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kriteria karyawan yang telah menjadi pegawai tetap perusahaan, dengan jumlah sebesar 97 orang. Sedangkan alat uji yang digunakan adalah path analysis (analysis jalur) dengan menggunakan alat bantu AMOS 4.0. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan, maka diperoleh simpulan terdapat pengaruh TQM terhadap job involvement (YI). Besar pengaruh TQM berupa customer focus sebesar 63,4%, training and education sebesar 22,9%, empowerment and teamwork sebesar 25,3%, continuous improvement and problem prevention sebesar 25,8%. Terdapat pengaruh TQM terhadap job satisfaction (Y2). Besar pengaruh TQM berupa customer focus sebesar 41,2%, empowerment and teamwork sebesar 25,6%, training and education sebesar 19,2%, continuous improvement and problem prevention sebesar 17,7%. Terdapat pengaruh TQM terhadap career satisfaction (Ys). Besar pengaruh TQM berupa customer focus sebesar 47,1%, empowerment and teamwork sebesar 24,7%, training and education sebesar 21,6%, continuous improvement and problem prevention sebesar 17,7%. Terdapat pengaruh TQM terhadap organizational commitment (Y4). Besar pengaruh TQM berupa customer focus sebesar 48%, empowerment and teamwork sebesar 22,4%, training and education sebesar 19,9%, continuous improvement and problem prevention sebesar 19,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 112/08 Rac a
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT; PERFORMANCE STANDARD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
LILA RACHMAWATI, 040631561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Ekowati, S.E., M.Si., M.AppCom(OrgChg)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 07 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 18:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item