AKIBAT HUKUM PERUBAHAN PERSEKUTUAN KOMANDITER MENJADI PERSEROAN TERBATAS

ANG VINCENT LAWRENCE ANGELO SENDOW, 031614253037 (2018) AKIBAT HUKUM PERUBAHAN PERSEKUTUAN KOMANDITER MENJADI PERSEROAN TERBATAS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TMK.100 18 Sen a.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TMK.100 18 Sen a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial masyarakat.Dalam rangka menjalankan kegiatan usahanya, pada umumnya para pelaku usaha diberikan kebebasan untuk melaksanakan kegiatan usaha secara perorangan atau melalui suatu badan usaha.Salah satu bentuk badan usaha yang sampai saat ini masih hidup dan berkembang, yang sering digunakan adalah melalui Persekutuan Komanditer (CV).Seiring berjalannya waktu, ternyata keberadaan CV dipandang tidak lagi mampu untuk memenuhi tuntutan-tuntutan yang timbul akibat perkembangan ekonomi yang ada.Hal ini memicu timbulnya keinginan para pihak untuk melakukan perubahan bentuk badan usaha dari CV menjadibadanusaha yang berbadanhukum.Sebagaisalahsatubadanusaha yang berbadan hukum, Perseroan Terbatas (PT) menjadi pilihan utama oleh para pengusaha.Perubahan CV menjadi PT dapat dilakukan tanpa harus melakukan pembubaran CV terlebih dahulu mengingat pembubaran CV akan berdampak terhadap perikatan yang telah dibuat yang harus diselesaikan pada saat itu juga, padahal di sisi lain perkatan tersebut masih belum berakhir maupun selesai dilaksanakan.Penulisan ini membahas 2 (dua) permasalahan utama yaitu Bagaimana tata perubahan dan akibat hokum perubahan Persekutuan Komanditer menjadi Perseroan Terbatas dalam kaitannya dengan pengalihan hak dan kewajiban yang melekat pada para sekutu; dan Bagaimana akibat hokum perubahan Persekutuan Komanditer menjadi Perseroan Terbatas terhadap perikatan yang dibuatnya dengan pihak ketiga.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perubahan bentuk Persekutuan Komandite rmenjadi Perseroan Terbatas dapat dilakukan tanpa harus melakukan pembubaran /likuidasi terhadap Persekutuan Komanditer terlebih dahulu.Hal ini mengakibatkan status dari Persekutuan Komanditer berakhir dan berganti menjadi badan hukum Perseroan Terbatas.Sehubungan dengan perubahan yang dilakukan, kedudukan Persekutuan Komanditer sebagai kontraktan demi hukum akan beralih kepada Perseroan Terbatas. Selain itu, mengingat perikatan-perikatan yang berupa perjanjian atau kontrak yang dilakukan oleh Persekutuan Komanditer sebagai salah satu pihaknya secara hokum akan beralih menjadi perikatan Perseroan Terbatas dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya, maka perlu dilakukan pembaharuan atas perjanjian-perjanjian yang telah dibuatnya baik dalam kedudukan selaku Kreditor maupun Debitor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.100/18 Sen a
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Persekutuan Komanditer, Peseroan Terbatas, Perubahan, Prosedur
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7350-7444 Commercial contracts
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANG VINCENT LAWRENCE ANGELO SENDOW, 031614253037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgus Widyantoro, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 22:36
Last Modified: 10 Jul 2018 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item