PENERAPAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA BIDANG KEAGAMAAN(STUDI FENOMENOLOGI PADA MASJID AGUNG SIDOARJO)

CYNTIA DWI DAMAIYANTI, 041411331192 (2018) PENERAPAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA BIDANG KEAGAMAAN(STUDI FENOMENOLOGI PADA MASJID AGUNG SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.202 18 Dam p.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.202 18 Dam p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Masjid Agung Sidoarjo sebagai organisasi nirlaba bidang keagamaan, serta pemahaman dan pemaknaan akuntabilitas masjid dari perspektif aktor terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada teori Analisis Data Model Interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas pengelolaan Masjid Agung Sidoarjo berdasarkan lima dimensi akuntabilitas publik belum cukup baik karena tidak dijalankan sesuai standar atau indikator yang benar. Praktik transparansi pengelolaan keuangan Masjid Agung Sidoarjo berdasarkan prinsip pokok pelaksanaan telah berjalan cukup baik sesuai dengan kriteria transparansi. Kekurangan utama adalah penyajian laporan keuangan tidak sesuai dengan PSAK Nomor 45 dan pengungkapan informasi oleh takmir belum mencakup semua informasi penting yang dibutuhkan publik. Takmir dan jamaah Masjid Agung Sidoarjo memahami dan memaknai bahwa pelaksanaan akuntabilitas pada masjid berbeda dengan organisasi komersial. Bagi jamaah, akuntabilitas pelaporan segala informasi dan akuntabilitas tindakan oleh takmir sangat diperlukan dalam pengelolaan masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.202/18 Dam p
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Organisasi Nirlaba, Masjid.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CYNTIA DWI DAMAIYANTI, 041411331192UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMohamad Suyunus, Dr., S.E..MAFIS.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 26 Jul 2018 17:52
Last Modified: 26 Jul 2018 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item