PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DI SMP INKLUSI PADA TAHUN PERTAMA

VICKY NADIA, 111411131012 (2018) PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DI SMP INKLUSI PADA TAHUN PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.105 18 Nad p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSi.105 18 Nad p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian sosial siswa slow learner di sekolah inklusi pada tahun pertama. Disamping itu juga penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial siswa slow learner di sekolah inklusi pada tahun pertama. Menurut Schneiders (1964), penyesuaian sosial yaitu kemampuan yang dimiliki individu dalam memberikan reaksi secara efektif terhadap suatu situasi, realitas dan hubungan sosial sehingga terpenuhinya tuntutan hidup dalam bermasyarakat dan memberikan rasa kepuasan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini berfokus pada penyesuaian sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa slow learner yang bersekolah di sekolah inklusi pada tahun pertama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah alat perekam digital. Analisis data wawancara digunakan dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga sujek tidak mampu memahami guna peraturan sekolah, sehingga mengalami permasalahan dalam mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan dalam hal relasi sosial, ketiga subjek mampu menjalin hubungan pertemanan, namun subjek pertama tidak memiliki inisiatif untuk memulai pembicaraan, sedangkan subjek kedua lebih cenderung pendiam/penonton pasif dan subjek ketiga lebih memilih untuk menyendiri dibandingkan bersama temantemannya. Subjek pertama dan subjek ketiga pernah diejek/diganggu oleh temannya, sedangkan subjek ketiga tidak pernah diejek/diganggu oleh temannya. Faktor-faktor yang membedakan penyesuaian sosial siswa slow learner pada tahun pertama di sekolah inklusi pada tahun pertama adalah subjek 1 tidak ditemukan adanya faktor budaya, subjek 2 tidak ditemukan adanya psikologis (pengalaman), sedangkan subjek 3 ditemukan adanya faktor psikologis (pengalaman) dan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.105/18 Nad p
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Sosial, Slow Learner, Sekolah Inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
VICKY NADIA, 111411131012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Ainy Furdana N, Dr., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:30
Last Modified: 30 Jul 2018 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item