PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA KARYAWAN HOTEL GRAND SURABAYA

FARIDA AULIA IMAWATI, 111411131047 (2018) PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA KARYAWAN HOTEL GRAND SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.110 18 Ima p.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULTEXT_Psi.110 18 Ima p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior dengan perceived organizational support sebagai variabel mediator pada karyawan hotel grand surabaya. P-O Fit adalah kesesuaian nilai-nilai yang dimiliki karyawan dengan karyawan lain dan organisasinya (Cable & DeRue, 2002). POS adalah persepsi karyawan mengenai sejauh mana organisasi menghargai kontribusi yang diberikan karyawan dan memberikan perhatian pada kesejahteraan karyawan (Eisenberger, Cummings, Armeli, & Lynch, 1997). OCB adalah perilaku dengan dampak yang tidak signifikan terhadap organisasi, namun dapat memfasilitasi keberfungsian organisasi (Lee & Allen, 2002). Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 orang karyawan Hotel Grand Surabaya. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Person- Organization Fit, Survey of Perceived Organizational Support (SPOS), dan Organizational Citizenship Behavior Questionnaire (OCBQ). Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan SPSS 21 for Windows. Dari analisis data melalui pendekatan casual step (Baron & Kenny, 1986) menunjukkan nilai koefisien regresi antara person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior memiliki nilai B sebesar … dengan signifikansi 0,000, nilai koefisien regresi antara person-organization fit terhadap perceived organizational support memiliki nilai B sebesar 0,507 dengan signifikansi 0,009; pengaruh personorganization fit terhadap organizational citizenship behavior dengan mengontrol perceived organizational support memiliki nilai B sebesar 1,070 dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior dengan dimediasi oleh perceived organizational support signifikan dan peran mediatornya bersifat parsial. Pengaruh tidak langsung memiliki kontribusi yang lebih besar dibanding dengan pengaruh langsung yang ditunjukkan oleh R square dari pengaruh tidak langsung sebesar 0,573 yang artinya person-organization fit dan perceived organizational support menjelaskan sebesar 57,3% varian dari organizational citizenship behavior. Dapat ditarik kesimpulan bahwa model mediasi lebih efektif dalam memprediksi dan menjelaskan munculnya organizational citizenship pada karyawan Hotel Grand Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.110/18 Ima p
Uncontrolled Keywords: Person-Organization Fit, Perceived Organizational Support (POS), Organizational Citizenship Behavior (OCB).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FARIDA AULIA IMAWATI, 111411131047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dr., M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:46
Last Modified: 30 Jul 2018 16:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item