PENGARUH INDIVIDUAL COACHING TERHADAP SELF EFFICACY DAN PERILAKU SPIRITUAL SELF CARE PADA PASIEN YANG MENJALANI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Hamdan Hariawan, 131614153043 (2018) PENGARUH INDIVIDUAL COACHING TERHADAP SELF EFFICACY DAN PERILAKU SPIRITUAL SELF CARE PADA PASIEN YANG MENJALANI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.06-18 Har p ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.06-18 Har p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 27 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pasien yang mejalani rawat inap dan terpasang alat infus cenderung mengalami kelemahan fisik. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penurunan self efficacy dan tindakan pasien muslim untuk melaksanakan shalat sebagai kebutuhan dasar spiritual yang harus dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh individual coaching terhadap self efficacy dan perilaku spiritual self care pada pasien muslim yang menjalani rawat inap yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan tindakan. Metode: Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan rancangan penelitian pre-post test control group design. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 responden, pelaksanaan dilakukan dalam 5 tahap selama 7 hari dengan durasi waktu 10-60 menit. Variabel independen dalam penelitian ini adalah individual coaching dan variabel dependennya adalah self efficacy dan perilaku spiritual self care yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan tindakan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t independent, uji t paired, uji mann whitney, dan uji wilcoxon sign rank. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh individual coaching terhadap self efficacy (p = 0,000). Hasil tersebut juga menunjukkan adanya pengaruh individual coaching terhadap perilaku spiritual self care dalam bentuk pengetahuan (p = 0,000), sikap (p = 0,003), dan tindakan (p = 0,000). Kesimpulan: Intervensi individual coaching dapat meningkatkan self efficacy dan perilaku spiritual self care pada pasien muslim yang menjalani rawat inap. Peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat melakukan penelitian terkait pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dengan menambahkan family empowerment untuk lebih melibatkan keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.06/18 Har p
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, knowledge, attitude, action, spiritual self care, prayer, muslim
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Hamdan Hariawan, 131614153043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorAbu Bakar, Dr., M.Kep., NS., Sp.Kep.M.B.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Jul 2018 00:05
Last Modified: 27 Jul 2018 00:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item