PENGARUH MODIFIKASI LATIHAN PASRAH DIRI TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS

SATRIA EUREKA NURSESKASATMATA, 131414153008 (2018) PENGARUH MODIFIKASI LATIHAN PASRAH DIRI TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.12-18 Nur p ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.12-18 Nur p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 28 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gangguan tidur banyak terjadi pada pasien dengan penyakit ginjal kronik (PGK). Latihan pasrah diri (LPD) merupakan bagian dari Complementary and Alternative Medicine (CAM) yang memadukan relaksasi dan dzikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi latihan pasrah diri terhadap kualitas tidur pada pasien dengan penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Jenis penelitian ini menggunakan Quasy-Experiment dengan pre-post test control group design. Populasi penelitian ini adalah klien PGK yang menjalani hemodialisis di RS Gambiran Kota Kediri dengan metode purposive sampling didapatkan 11 klien kelompok perlakuan diberikan modifikasi latihan pasrah diri selama 18 hari dan 11 klien kelompok kontrol yang diukur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisis yang digunakan adalah uji t dan uji Mann Withney. Hasil uji Mann Whitney didapatkan p=0.004. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan kualitas tidur antara kelompok setelah dilakukan LPD, sedangkan hasil uji Mann Whitney terhadap sub variabel kualitas tidur hanya pada kualitas tidur subjektif didapatkan ada perbedaan antar kelompok dengan nilai p=0.024. Hasil penelitian ini didukung beberapa penelitian terdahulu dimana terdapat perbedaan skor PSQI pada kelompok LPD sebelum dan setelah perlakuan menunjukkan hasil yang bermakna secara statistik (Suastawa 2013; Wuryanto 2012). Ketika seseorang mengalami gangguan tidur maka ada ketegangan pada otak dan otot sehingga dengan mengaktifkan syaraf parasimpatetis dengan teknik relaksasi maka secara otomatis ketegangan berkurang sehingga seseorang akan mudah untuk masuk ke kondisi tidur. (Benson 2000; Purwanto 2007). Berdasarkan hasil penelitian dapat menyarankan penggunaan modifikasi latihan pasrah diri sebagai terapi pendamping untuk meningkatkan kualitas tidur pasien PGK.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.12/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: Sleep quality, CKD, modification of latihan pasrah diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
SATRIA EUREKA NURSESKASATMATA, 131414153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuharto, Dr., dr., M.Sc., M.Pdk., DTM&H., Sp.PD., K-PTIUNSPECIFIED
ContributorIka Yuni Widyawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp. Kep. MB.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Jul 2018 19:15
Last Modified: 27 Jul 2018 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item