PENGEMBANGAN MODEL CASE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN: TINGKATKEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK GRUP

Nuning Khurotul Af’ida, 131614153077 (2018) PENGEMBANGAN MODEL CASE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN: TINGKATKEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK GRUP. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.17-18 Afi p ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.17-18 Afi p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Case management merupakan prosedur untuk merencanakan, mencari, mengevaluasi, dan memonitor layanan kesehatan. Pelaksanaan case management di RSPG belum maksimal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan model case management dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan khususnya dalam hal tingkat kepuasan pasien di RSPG. Metode: Desain penelitian ini adalah reasearch and development (R&D) yang terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama menggunakan desain penelitian survei eksplanasi deskriptif dan tahap kedua adalah uji coba modul pengembangan model case management yang telah dikembangkan dalam tahap pertama. Desain penelitian pada tahap 2 adalah quasi eksperimental kemudian diuji dengan wilcoxon signed rank test. Sampel penelitian pada tahap 1 yaitu 100 orang perawat dan pada tahap penelitian 2 yaitu 100 orang pasien di ruang rawat inap dengan metode random sampling. Hasil: Pengembangan model case management dilakukan melalui evaluasi pelaksanaan case management, focus group discussion (FGD), dan diskusi pakar. Model case management dikembangkan dari 2 konsep yaitu teori Patient Care Delivery System dan tahapan pelaksanaan case management versi SNARS. Pengembangan berfokus pada perbaikan tahapan yaitu pada tahapan assigning, evaluating, dan leading. Tahap berikutnya, uji coba pelaksanaan pengembangan case management di RSPG. Hasil uji wilcoxon signed rank test tingkat kepuasan pasien pada kelompok perlakuan menunjukkan p value < 0,05 yang artinya ada beda kelompok perlakuan sesudah intervensi. Diskusi: Penerapan sistem case management secara konsisten sebagai upaya dalam peningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan memperhatikan tahapan pelaksanaan case management yang meliputi, persiapan discharge planning, kolaborasi dengan tenaga kesehatan profesional, dan koordinasi terhadap pelayanan kesehatan. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan menerapkan modul case management di tempat lain, sehingga modul yang telah dibuat menjadi lebih applicable (dapat digunakan).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.17/18 Afi p
Uncontrolled Keywords: case management, patient satisfaction level, discharge planning preparation, health worker collaboration, coordination of health service
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nuning Khurotul Af’ida, 131614153077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Thesis advisorAhsan, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Jul 2018 17:09
Last Modified: 29 Jul 2018 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item