ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BERSEJARAH DALAM LAPORAN KEUANGAN ENTITAS PEMERINTAHAN (Studi Fenomelogi Pada Candi Penataran)

MUHAMMAD HARIS A., 041013163 (2018) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BERSEJARAH DALAM LAPORAN KEUANGAN ENTITAS PEMERINTAHAN (Studi Fenomelogi Pada Candi Penataran). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.225 18 Alf a.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.225 18 Alf a.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2021.

Download (973kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah-masalah akuntansi banyak dihadapi entitaspelaporan dalam kaitannya dengan aset bersejarah, baik dari sisi pengakuan, pengukuran, penilaian, maupun penyajian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi dari aset bersejarah Candi Penataran, bagaimana aset tersebut diakui, dicatat, dan pelaporanya dalam laporan keuangan dengan sudut pandang fenomenologis, dimana data yang didapatkan sesuai dengan realita atau fenomena yang terjadi di lapangan tidak selalu sesuai dengan standar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Candi Penataran dalam hal pengakuan aset bersejarah telah sesuai dengan PSAP 07 yaitu diakui setelah adanya surat ketetapan dari pihak berwenang. Selain itu kriteria umur berdasarkan Undang-Undang Cagar Budaya juga dipertimbangkan dalam menentukan pengakuan dari aset bersejarah. Penilaian aset bersejarah masih mengalami kesulitan untuk menentukan metode yang digunakan pada penilaian aset bersejarah, namun telah sesuai dengan PSAP 07 yaitu aset bersejarah dinilai dengan nilai nol. Perlakuan akuntansi aset bersejarah dalam hal pengukapan dan penyajian telah sesuai dengan PSAP 07 yaitu disajikan dengan nilai nol dan diungkapkan pada Catatan atas Laporan Keuangan tanpa nilai dengan hanya mencantumkan jumlah kuantitas unit dari aset bersejarah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.225/18 Alf a
Uncontrolled Keywords: Aset Bersejarah, Pengakuan, Pencatatan, Penilaian, Candi Penataran, BPCB Mojokerto
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD HARIS A., 041013163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgus Widodo Mardijuwono, Drs. M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:26
Last Modified: 12 Aug 2018 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item