GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PRIMIGRAVIDA YANG MENGALAMI KECEMASAN

NATYA ARTANIA HALIM, 111411131003 (2018) GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PRIMIGRAVIDA YANG MENGALAMI KECEMASAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.128 18 Hal g.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.128 18 Hal g.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana dukungan yang diberikan suami kepada primigravida yang mengalami kecemasan serta untuk mengetahui dampak dari dukungan tersebut. Primigravida pada masa kehamilannya cenderung cemas dan takut akan keadaan dirinya dan janin, dan khawatir akan ketidakmampuan primigravida menjadi seorang ibu. Dukungan sosial dan hubungan perkawinan menjadi salah satu faktor resiko terhadap kecemasan kehamilan dan dukungan suami menjadi salah satu bagian di dalamnya. Beberapa area yang harus diperhatikan untuk dapat memenuhi kebutuhan istrinya, yaitu empati, kooperatif, kesediaan (berbagi dan komunikasi), dapat dipercaya (dapat diandalkan). Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif dan wawancara terhadap subjek sebagai teknik penggalian data. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber sebagai kredibilitas data dengan membandingkan hasil wawancara subjek dan hasil wawancara significant others yaitu istri subjek dan atau orang lain yang tinggal satu rumah dengan subjek. Teknik pengorganisasian dan analisis data yang penulis gunakan pada penelitian ini ialah teknik milik Miles dan Huberman yang memiliki tiga aktivitias yang secara terus-menerus dilakukan hingga data jenuh, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa dukungan suami terhadap primigravida yang mengalami kecemasan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu dukungan fisik, dukungan psikologis, dan dukungan informasional. Dukungan fisik dikategorikan menjadi dua yaitu dukungan yang berupa usaha untuk menjaga dan usaha untuk memfasilitasi. Dukungan psikologis dikategorikan menjadi dukungan yang berupa usaha untuk menjalin komunikasi dan usaha untuk mengelola kecemasan. Dukungan informasional dikategorikan menjadi dua dukungan berupa usaha mendapatkan informasi melalui orang lain dan usaha mendapatkan informasi melalui media tertentu. Penelitian ini juga menunjukkan dampak dari dukungan yang diberikan suami dapat menenangkan dan mengurangi kecemasan yang dialami istri, merasa semuanya akan baik-baik saja, merasa rileks dan santai, merasa terharu, merasa mendapatkan kasih sayang, merasa senang, merasa aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.128/18 Hal g
Uncontrolled Keywords: Primigravida, Kecemasan Kehamilan, Dukungan Suami
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1111-1156 Hypnotism, Suggestion, Mesmerism, Subliminal Projection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NATYA ARTANIA HALIM, 111411131003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAfif KurniawanUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:34
Last Modified: 12 Aug 2018 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item