PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING DITINJAU DARI VALENSI ACHIEVEMENT EMOTIONS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

NADIA RATU ANISSA, 111411131080 (2018) PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING DITINJAU DARI VALENSI ACHIEVEMENT EMOTIONS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.134 18 Ani p.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.134 18 Ani p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi. Pengerjaan skripsi yang bersifat mandiri membuat self-regulated learning memiliki peran penting dalam menyelesaikan skripsi. Self-regulated learning adalah kemampuan pelajar secara aktif dan konstruktif dalam menetapkan tujuan, memonitor, mengontrol, dan meregulasi area kognisi, afeksi-motivasi, dan perilaku yang sejalan dengan tujuan serta sesuai dengan konteksnya (Pintrich, 2004). Achievement emotions adalah emosi yang dirasakan pelajar terkait kegiatan maupun hasil prestasi (Schutz & Pekrun, 2007). Berdasarkan valensinya, achievement emotions terdiri dari emosi positif dan emosi negatif. Penelitian ini dilakukan pada 124 mahasiswa berusia 20-24 tahun yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Teknik pengumpulan data penelitian adalah survey dengan menggunakan kuesioner. Pengukuran achievement emotions dilakukan dengan menggunakan alat ukur Learning-related Achievement Emotion Questionnaire milik Pekrun (2005) dan pengukuran self-regulated learning dilakukan dengan menggunakan alat ukur Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang diciptakan oleh Pintrich, dkk (1991), namun telah dimodifikasi oleh Boyer & Usinger (2012). Kedua alat ukur ini dimodifikasi penulis agar sesuai dengan konteks penelitian, yaitu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Reliabilitas emosi positif Learning-related AEQ adalah 0,931; emosi negatif Learning-related AEQ adalah 0.953; dan MSLQ adalah 0,957. Analisis data dilakukan dengan teknik uji komparasi Mann-Whitney Test menggunakan software IBM SPSS Statistics 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi dengan taraf signifikansi 0,000 (p Sig.< 0,05).Berdasarkan hasil tersebut dapat menunjukkan bahwa mahasiswa dengan dominan emosi positif saat mengerjakan skripsi memiliki skor rata-rata self-segulated learning yang lebih tinggi daripada mahasiswa dengan dominan emosi negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.134/18 Ani p
Uncontrolled Keywords: achievement emotions, self-regulated learning, mahasiswa, skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NADIA RATU ANISSA, 111411131080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrimatia Yogi Wulandari, S.Psi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:37
Last Modified: 12 Aug 2018 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item