PENGEMBANGAN MODEL PERAWATAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN PADA LANSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI SELF CARE OREM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GG. SEHAT DAN PERUM 1 KOTA PONTIANAK

MUHAMMAD LUTHFI, 131614153082 (2018) PENGEMBANGAN MODEL PERAWATAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN PADA LANSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI SELF CARE OREM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GG. SEHAT DAN PERUM 1 KOTA PONTIANAK. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.19-18 Lut p ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.19-18 Lut p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction : Lansia cenderung mengalami penurunan kognitif dan kemampuan kemandirian sehingga perawatan diri harus terpenuhi dengan atau tanpa bantuan orang lain. Ketidakmampuan lansia untuk mengelola suatu aktivitas sehari-hari secara mandiri merupakan tanda lansia tersebut mengalami gangguan perawatan diri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengembangan Model Perawatan Diri Terhadap Kemandirian Pada Lansia Menggunakan Pendekatan Teori Self Care Orem. Method : Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, sampel 124 lansia, di rekrut dari wilayah kerja puskesmas di Pontianak melalui probability sampling, yaitu simple random sampling. Data yang diambil dengan menggunakan kuesioner adalah faktor self care, Attitude toward behavioral, Subjrctive Norm, Perceived Behavioral Control, Intention, agen perawatan diri, kebutuhan perawatan diri dan kemandirian lansia. Analisis statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Result and Analysis : Secara signifikan Agen keperawatan diri berpengaruh terhadap kemandirian lansia (t=3.177>1.96) dan kebutuhan perawatan diri berpengaruh terhadap kemandirian lansia (t=4,075>1,96). Discussion and Conclusion : Hasil penelitian pengetahuan dan tingkat sosial lansia terhadap orang lain lansia sudah baik, dalam melakukan perawatan diri seperti berolahraga, lansia dapat dukungan dari keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi, lansia juga memberikan kepercayaan kepada keluarga dalam pengambilan keputusan untuk perawatan dirinya, seperti rutin untuk memperhatikan perawatan dirinya, sudah baiknya lansia untuk membandingkan bagaimana perawatan diri yang baik dan buruk, prilaku lansia yang baik untuk berniat melakukan perawatan diri secara mandiri seperti; makan sendiri, berpindah tempat, mandi, menjaga kebersihan diri, berpakaian, lansia melakukan perawatan diri, kapan saja bisa dilakukan dan percaya mampu melakukan perawatan diri setiap saat, adanya keinginan lansia untuk berkomunikasi dalam menanyakan apa saja yang harus dilakukan agar dapat mempertahankan perawatan dirinya dalam kemandirian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.19/18 Lut p
Uncontrolled Keywords: Elderly, Self Care, Independence, Intention
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD LUTHFI, 131614153082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTintin Sukartini, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorFerry Efendi, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Jul 2018 18:10
Last Modified: 30 Jul 2018 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item