PENGARUH COGNITIVE COMMITMENT BEHAVIORAL THERAPY (CCBT) TERHADAP TINGKAT KESEPIAN, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DENGAN SINDROM STRES RELOKASI

HENRY WIYONO, 131614153069 (2018) PENGARUH COGNITIVE COMMITMENT BEHAVIORAL THERAPY (CCBT) TERHADAP TINGKAT KESEPIAN, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DENGAN SINDROM STRES RELOKASI. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.20-18 Wiy p ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.20-18 Wiy p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Intruduction : Masalah kesepian, kecemasan dan depresi seringkali terjadi pada lansia. Penyebabnya yaitu perpisahan dengan orang yang disayangi, penurunan kondisi fisik dan perubahan tempat tinggal. Fenomena ditemukan ketiga masalah tersebut pada lanjut usia di UPTD. Griya Werdha, Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh cognitive commitment behavioral therapy (CCBT) terhadap tingkat kesepian, kecemasan dan depresi lanjut usia. Methods: Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan pre-post test control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan untuk kelompok perlakuan 27 responden dan untuk kelompok kontrol 31 responden sesuai kriteria inklusi. Dalam penelitian ini kelompok perlakuan mendapatkan CCBT sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan intervensi. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen yaitu CCBT dan variabel dependen yaitu kesepian, kecemasan dan depresi. Data yang diperoleh berdasarkan intrumen pertanyaan, wawancara dan observasi diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dan Man-Whitney U test dengan signifikansi α < 0.05. Result and Analysis: hasil statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Ranks Test didapatkan adanya pengaruh CCBT terhadap tingkat kesepian pada kelompok perlakuan (p = 0.000), kecemasan (p = 0.003), dan depresi (p = 0.000). Hasil Uji Statistik Man-Whitney U test memperlihatkan ada perbedaan hanya pada tingkat kesepian (p = 0.004), sedangkan tingkat kecemasan (p = 0.308) dan tingkat depresi (p = 0.981) tidak ditemukan perbedaan. Discuss and Conclution: CCBT hanya dapat menurunkan tingkan kesepian saja, sedangkan pada tingkat kecemasan dan depresi tidak ditemukan, oleh karena itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggabungkan CCBT dengan terapi yang lain dalam mengatasi masalah yang sama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.20/18 Wiy p
Uncontrolled Keywords: CCBT, loneliness, anxiety, depression, elderly
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
HENRY WIYONO, 131614153069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTintin Sukartini, Dr., S. Kp., M. Kes.UNSPECIFIED
ContributorMundakir, Dr., S.Kep.,Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Jul 2018 18:35
Last Modified: 30 Jul 2018 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73427
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item