“GAMBARAN KOMUNIKASI DISINHIBISI DARING DALAM BERMEDIA SOSIAL PADA GENERASI X, Y, DAN Z PENGGUNA TWITTER”

NAILIL KAROMAH, 111411131053 (2018) “GAMBARAN KOMUNIKASI DISINHIBISI DARING DALAM BERMEDIA SOSIAL PADA GENERASI X, Y, DAN Z PENGGUNA TWITTER”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.143 18 Kar g.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.143 18 Kar g.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran (mix method) dengan model analisis konten yang bertujuan mengetahui gambaran komunikasi disinhibisi daring. Komunikasi disinhibisi daring yang dimaksud adalah ketidaksadaran individu mengenai dirinya dan relasi dengan sekitarnya yang menyebabkan individu tidak takut mengungkapkan pemikirannya dan tidak khawatir memperlihatkan sesuatu mengenai dirinya yang tidak dikatakannya ketika luring. Secara khusus, penelitian ini difokuskan pada bentuk self-disclosure dan flaming dalam bermedia sosial pada generasi X, Y, dan Z pengguna Twitter. Metode pengambilan sampel bersifat purposif dengan kriteria yaitu subjek berusia 8 sampai 53 tahun dan terlibat dalam komunikasi menggunakan bahasa Indonesia di halaman trending topic Twitter. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah studi dokumen tertulis berupa pesan teks yang diposting oleh pengguna Twitter yang termuat di halaman trending topic Twitter. Teknik analisis yang digunakan adalah latent coding dan manifest coding. Sedangkan kredibilitas penelitian ini dicapai dengan interkoder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe komunikasi disinhibisi daring kelompok generasi X pengguna Twitter yakni self-exposure, complainer, sarkastik, dan tidak sopan. Sedangkan generasi Y yakni self-exposure, mind openness, emotional openness, complainer, sarkastik, kritik, dan memusuhi. Sementara itu, generasi Z yakni self-exposure, mind openness, emotional openness, complainer, sarkastik, hostile, dan merendahkan. Selain itu, terdapat perbedaan komunikasi disinhibisi daring yang signifikan dalam bermedia sosial pada generasi X, Y, dan Z pengguna Twitter (chi=39,2592, p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.143/18 Kar g
Uncontrolled Keywords: komunikasi disinhibisi daring, flaming, self-disclosure, generasi X, generasi Y, generasi Z, media sosial, Twitter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1845-1891 Fortune-Telling
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NAILIL KAROMAH, 111411131053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Wahyu Hidayat, M.Psi., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:48
Last Modified: 12 Aug 2018 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item