PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN (BIG FIVE PERSONALITY)

FIRDAUS RAHMAT ARDLIAN ANWAR, 111111176 (2018) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN (BIG FIVE PERSONALITY). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.149 18 Anw p.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.149 18 Anw p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penggunaan media sosial pada mahasiswa ditinjau dari tipe kepribadian (Big Five Personality). Tipe kepribadian yang dimaksud didalam penelitian ini adalah Big Five Personality berdasarkan pada penjelasan dari McCrae & Costa (2003). Sedangkan penggunaan media sosial berdasarkan pada penjelasan dari Katz, Blumler, dan Gurevitch (1974). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa angkatan aktif di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sebanyak 209 subjek yang terdiri dari angkatan 2014-2017. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Tipe Kepribadian (Big Five Personality) sebanyak 20 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,611 dan alat ukur penggunaan media sosial sebanyak 12 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,811. Analisis data dilakukan menggunakan metode anova satu jalur dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap tipe kepribadian (Big Five Personality). Perbedaan mean antar tipe kepribadian sebagai berikut: Sosialisasi  Extraversion nilai mean sebesar 21,4. Agreeableness nilai mean sebesar 20,8. Conscientiousness nilai mean sebesar 21,8. Informasi  Neuroticism nilai mean sebesar 20,9. Sosialisasi dan Informasi  Opennes to Experiencess nilai mean sebesar 43,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.149/18 Anw p
Uncontrolled Keywords: tipe kepribadian big five personality, penggunaan media sosial, mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FIRDAUS RAHMAT ARDLIAN ANWAR, 111111176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIlham Nur Alfian, M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:53
Last Modified: 12 Aug 2018 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item