PENGARUH PROMOTIONAL TOOLS TERHADAP INTENTION TO PRODUCT TRIAL (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA PADA PRODUK DETERJEN)

ADITYA KUSUMAWARDHANA, 040318058 (2010) PENGARUH PROMOTIONAL TOOLS TERHADAP INTENTION TO PRODUCT TRIAL (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA PADA PRODUK DETERJEN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kusumaward-14888-kkbkkb-k.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kusumaward-13275-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://unair.ac.id

Abstract

Kemampuan penyedia jasa untuk mempertahankan pangsa pasarnya merupakan salah satu hal penting yang harus selalu diupayakan dari waktu ke waktu, karena tidak akan berguna apabila suatu penyedia jasa mendapatkan pelanggan baru apabila mereka kehilangan pelanggan secara terus menerus. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan yaitu menerapkan strategi promosi yang tepat sasaran. Dengan promosi, suatu penyedia jasa akan lebih mudah menarik pelanggan untuk melakukan percobaan pembelian (trial). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promotional Tools (kupon, diskon, bonus, sampel gratis, dan pajangan dalam toko) terhadap Intention to Product Trial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Reponden merupakan ibu rumah tangga yang pernah berbelanja produk deterjen dan yang berdomisili di wilayah Surabaya. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan metode purposive sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan: Y= 0,145 + 0,156X1 + 0,251X2 + 0,159X3 + 0,241X4 + 0,160X5 Hasil pengujian menunjukkan bahwa promotional tools yang terdiri dari kupon, diskon, bonus, sampel gratis, dan pajangan dalam toko berpengaruh baik secara simultan dan parsial terhadap intention to product trial yang ditunjukkan melalui hasil uji F dan uji t. Besarnya pengaruh promotional tools terhadap intention to product trial sebesar 83,4 %. Diantara variabel promotional tools yang paling berpengaruh pada intention to product trial adalah bonus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 412/10 Kus p
Uncontrolled Keywords: PROMOTIONAL TOOLS; INTENTION PRODUCT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA KUSUMAWARDHANA, 040318058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY.LILIK RUDIANTO, Dr.MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 09 Mar 2011 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item