RANCANG BANGUN ALAT TERAPI PANAS DAN DINGIN SEBAGAI ALAT BANTU PERCEPATAN WAKTU RECOVERY PADA OTOT DENGAN PENGONTROL SUHU BERBASIS PID

ACHMAD DANANG PERDANA, 081311733007 (2018) RANCANG BANGUN ALAT TERAPI PANAS DAN DINGIN SEBAGAI ALAT BANTU PERCEPATAN WAKTU RECOVERY PADA OTOT DENGAN PENGONTROL SUHU BERBASIS PID. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.T.26 18 Per r.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ST.T.26 18 Per r.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera otot sering menjadi masalah utama yang sangat tidak menyenangkan ketika kita menderitanya, cedera otot dapat menyerang tanpa mengenal tempat ,umur dan waktu. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah cedera otot ini adalah dengan terapi. Terapi yang biasanya digunakan oleh para profesional ini adalah terapi panas, dingin dan contrast. Utamanya, terapi contrast digunakan agar timbul physiologic effects berupa pelebaran dan penyempitan pada pembuluh darah, perubahan aliran darah, serta mengurangi bengkak, inflamasi dan kram otot. Hal ini dicapai dengan memberikan perubahan suhu yang drastis pada jaringan kulit yang diterapi. Terapi ini umumnya masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kompres maupun bath up. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan prinsip tersebut untuk diaplikasikan pada sebuah alat medis. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, akan digunakan perangkat peltier yang dapat menghasilkan suhu panas dan dingin sekaligus. Kemudian suhu ini akan dikontrol dengan sistem kontrol PID untuk mendapatkan hasil penyebaran suhu yang akurat pada area terapi. Dari hasil yang ditemukan, alat yang telah berhasil dibuat menunjukkan tingkat error sebesar 4.09%. Alat yang dirancang juga mampu membuat perubahan suhu pada area terapi sebesar 1.22oC saat terapi panas dan 3.9oC saat terapi dingin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.26/18 Per r
Uncontrolled Keywords: cedera otot, terapi panas, terapi dingin, terapi contrast
Subjects: Q Science > QC Physics > QC145.2 Fluid mechanics
Q Science > QC Physics > QC879.6-879.8 Atmospheric Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ACHMAD DANANG PERDANA, 081311733007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPujiyanto, Drs., MS.UNSPECIFIED
ContributorTri Anggono Priyo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Aug 2018 16:25
Last Modified: 20 Aug 2018 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73565
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item