ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH UNTUK DONATUR (STUDI KASUS PADA LAZISNU SURABAYA)

WACHID FAHRUR ROZI, 041411333029 (2018) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH UNTUK DONATUR (STUDI KASUS PADA LAZISNU SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.264 18 Ros a.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.264 18 Ros a.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi penerimaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh di Indonesia sangat tinggi, namun selama ini penerimaannya kurang maksimal. Di Indonesia, pengelolaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh di kelola oleh amil yang terbentuk dalam sebuah organisasi yaitu Organisasi Pengelola Zakat, Infaq dan Shodaqoh (OPZIS). OPZIS termasuk dalam organisasi Nirlaba yang pengukuran kualitas Organisasi tersebut dapat diukur dengan akuntabilitas dan transparansi nya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami akuntabilitas dan transparansi OPZIS terutama untuk donatur dari Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) kota Surabaya. Akuntabiltas dan transparansi merupakan komponen pertangggungjawaban OPZIS atas tata kelola dan aktivitas organisasinya baik secara vertikal ke pada Pusat, Wilayah dan Cabang dan secara Horizontal kepada masyarakat secara luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif secara studi kasus dengan melakukan pengumpulan data secara langsung melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi atas kejadian yang terjadi di Lazisnu Surabaya. Wawancara dilakukan langsung kepada pengurus dan donatur Lazisnu Surabaya. Temuan penelitian ini adalah kurangnya akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan Lazisnu Surabaya dan ditujukan untuk donatur. Pola pertanggungjawaban Lazisnu Surabaya mengutamakan berarah vertikal keatas yaitu kepada pusat, wilayah dan cabang, sedangkan kepada Donatur kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.264/18 Roz a
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas, transparansi, lazisnu, donatur.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WACHID FAHRUR ROZI, 041411333029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuyunus, Dr. SE., MAFIS., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Aug 2018 19:23
Last Modified: 27 Aug 2018 14:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73581
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item