ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH Studi Kasus di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung

REFANINA ULFA RATNASARI, 041411331007 (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH Studi Kasus di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.282 18 Rat a.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.282 18 Rat a.pdf
Restricted to Registered users only until 24 August 2021.

Download (984kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung dalam menerapkan standar akuntansi berbasis akrual dengan aspek komitmen, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan sistem. Penelitian ini juga menganalisis implementasi dan kendala yang dialami oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung sebagai obyek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa catatan hasil wawancara dan observasi untuk mendeskripsikan kesiapan, implementasi, dan kendala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung dalam menerapkan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung telah menerapkan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual dan terdapat perbandingan antara Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung dalam aspek sumber daya manusia, komitmen, sarana prasarana, dan sistem yang menunjukkan bahwa Kabupaten Tulungagung lebih siap dari aspek-aspek tersebut. Namun, untuk kesiapan dan implementasi terdapat kendala yaitu pada sumber daya manusia dan sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.282/18 Rat a
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Standar Akuntansi Pemerintah, Basis Akrual, Pemerintah Daerah, Sumber Daya Manusia, Komitmen, Sarana Prasarana, Sistem.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
REFANINA ULFA RATNASARI, 041411331007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, Dr., SE., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Aug 2018 11:03
Last Modified: 24 Aug 2018 11:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item