PENGARUH INTRINSIC REWARD DAN EXTRINSIC REWARD TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PT PETROSIDA GRESIK

INDRI IRIYANTI AMARILIS, 040214421 (2010) PENGARUH INTRINSIC REWARD DAN EXTRINSIC REWARD TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PT PETROSIDA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-amarilisin-14910-kkbkkb-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-amarilisin-13296-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://unair.ac.id

Abstract

Sistem reward dirancang organisasi untuk bisa memuaskan karyawannya atas kontribusi karyawan tersebut pada organisasi. Mengingat masalah pemberian reward bukanlah masalah yang sederhana tetapi cukup kompleks, maka setiap perusahaan harus mempunyai suatu pedoman bagaimana menetapkan reward yang tepat. Pemberian reward, baik intrinsik dan ektrinsik ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen karyawan yang pada akhirnya berdampak pada kinerja karyawan. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung intrinsic reward terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh langsung extrinsic reward terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh tidak langsung intrinsic reward terhadap kinerja karyawan, serta mengetahui pengaruh tidak langsung extrinsic reward terhadap kinerja karyawan PT. Petrosida Gresik melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Jumlah karyawan PT. Petrosida Gresik sebesar 67 orang, seluruh jumlah karyawan tersebut dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung yang signifikan intrinsic reward terhadap komitmen organisasi dengan nilai critical ratio sebesar 4,3194 dan tingkat signifikansi 0,0000, extrinsic reward terhadap komitmen organisasi dengan nilai critical ratio sebesar 5,5139 dan tingkat signifikansi 0,0000, komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan nilai critical ratio sebesar 2,0547 dan tingkat signifikansi 0,0399, Intrinsic reward terhadap kinerja dengan nilai critical ratio sebesar 2,8389 dan tingkat signifikansi 0,0045, extrinsic reward terhadap kinerja dengan nilai critical ratio sebesar 2,1423 dan tingkat signifikansi 0,0322. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung intrinsic reward terhadap kinerja karyawan yang diintervensi oleh komitmen organisasi dengan nilai standardized coefficient sebesar 0,1206 dan pengaruh tidak langsung extrinsic reward terhadap kinerja karyawan yang diintervensi oleh komitmen organisasi dengan nilai standardized coefficient sebesar 0,1539.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 392/10 Ama p
Uncontrolled Keywords: INTRINSIC REWARD; EXTRINSIC REWARD
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INDRI IRIYANTI AMARILIS, 040214421UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHJ.SITI SULASMI, Dr.psi.MpcUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 09 Mar 2011 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item