PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN AYAM HIDUP DAN PENETAPAN INSENTIF BAGI CHECKER SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KETIDAKSESUAIAN UKURAN PESANAN AYAM PADA RPA UD BORNEO FOOD

AGNI DHANIAH LARASSATI, 041511323063 (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN AYAM HIDUP DAN PENETAPAN INSENTIF BAGI CHECKER SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KETIDAKSESUAIAN UKURAN PESANAN AYAM PADA RPA UD BORNEO FOOD. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.306 18 Lar p.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.306 18 Lar p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembelian ayam hidup mempunyai peranan penting dalam kegiatan bisnis yang dijalankan oleh semua perusahaan, tidak terkecuali RPA UD Borneo Food. Ketepatan ukuran ayam yang tiba di RPA menjadi peluang perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya. Karena hal tersebut, prosentase ketidaksesuain ayam yang tiba di RPA menjadi masalah perusahaan dalam kegiatan pemasarannya. Dalam hal ini checker saat pemuatan ayam di kandang menjadi ujung tombak dalam menentukan tepat atau tidak ukuran ayam sesuai pesanan. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif eksploratoris dengan desain penelitian studi kasus. Data yang didapatkan melalui observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi dari beberapa pihak yang terkait dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa sistem pembelian ayam belum sepenuhnya dijalankan dengan baik, serta kurangnya tanggung jawab checker atas barang yang dibawa. Oleh karena itu, penerapan prosedur pembelian ayam hidup dari kandang hingga tiba di RPA sangat direkomendasikan untuk membantu mengurangi ketidaksesusaian ayam yang dipesan dan juga penetapan insentif bagi checker dapat menambah minat serta ketelitian saat melakukan pemuat ayam di kandang. Semakin tinggi tingkat ketepatan ayam sesuai pesanan perusahaan maka semakin tinggi pendapatan atas penjualan karkas dengan ukuran yang banyak diminati oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.306/18 Lar p
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Rumah Potong Ayam, Insentif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AGNI DHANIAH LARASSATI, 041511323063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr.rer.pol., SE., Ak., CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Aug 2018 13:58
Last Modified: 28 Aug 2018 13:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item