PERSEPSI LANSIA MOMONG CUCU DI KELURAHAN TAMBAKAJI SEMARANG

DELISA ALFRIANI, 131611123008 (2017) PERSEPSI LANSIA MOMONG CUCU DI KELURAHAN TAMBAKAJI SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKP.N.100 18 Alf p.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKP.N.100 18 Alf p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang persepsi lansia momong cucu. Fenomena di Indonesia, sampai saat ini seorang cucu diasuh/dimomong oleh kakek/nenek. Peneliti menggunakan pendekatan fenomenologis yaitu menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Metode: Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah lansia sebanyak lima belas orang; dua belas orang berjenis kelamin perempuan dan tiga orang berjenis kelamin laki-laki, momong cucu, berusia 55-75 tahun, suku Jawa dan semua partisipan adalah warga tetap Kelurahan Tambakaji Kota Semarang. Hasil: penelitian ini menunjukkan semua partisipan merespon positif dan menerima yang berkaitan dengan keterlibatan dalam momong cucu. Partisipan mengungkapkan respon yang sama berkaitan dengan arti cucu yaitu cucu adalah segalanya, melebihi anak sendiri, sebuah berlian, sebuah anugerah dan suatu kebanggaan. Perasaan senang saat momong cucu, dan keputusan momong cucu dari kakek/nenek sendiri. Sebagian besar kegiatan yang sering dilakukan bersama cucu adalah bermain. Kegiatan yang sedang dilakukan saat ini selain momong cucu antara lain mengikuti kegiatan sosial, mengurus rumah tangga, mengajar, berjualan. Tidak ada keluhan yang memberatkan saat momong cucu, semua dapat diatasi karena dengan melihat cucu yang lucu, manis semua lelah teratasi. Semua partisipan berpendapat pengasuhan cucu lebih baik dengan nenek/kakek, daripada dengan pembantu. Diskusi: dapat disimpulkan bahwa persepsi lansia momong cucu sangat bervariasi dan positif untuk lansia. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan dan menggali lebih dalam tentang manfaat momong cucu pada psikologis lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.100/18 Alf p
Uncontrolled Keywords: lansia, persepsi, momong cucu
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DELISA ALFRIANI, 131611123008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Indarwati, Dr., S.Kep.NS., M.Kep.UNSPECIFIED
ContributorRista Fauziningtyas, S.Kep.NS., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 31 Aug 2018 10:56
Last Modified: 31 Aug 2018 10:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73753
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item