EFEKTIVITAS KONSUMSI LABU SIAM (Sechium Edule) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI KELURAHAN KARANG POH SURABAYA

ARVIAN CAHYA ADI RISTANTO, 131311133120 (2017) EFEKTIVITAS KONSUMSI LABU SIAM (Sechium Edule) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI KELURAHAN KARANG POH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKP.N.109 18 Lis e.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKP.N.109 18 Lis e.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Labu siam (Sechium Edule) memiliki kandungan flavonoid dan kalium yang dapat menurunakan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Penyajian labu siam untuk dikonsumsi dapat dengan cara dijus, dikukus, dan diambil sarinya/ perasan. Namun belum ada penelitian yang membuktikan dari ke 3 penyajian tersebut yang lebih efektif dalam menurunkan tekanandarah lansia hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dari ke 3 penyajian tersebut mana yang lebih efektif menurunkan tekanan darah lansia dengan hipertensi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitiannya adalah three-group pra-post test design, dengan responden penelitian sebanyak 51 orang lansia yang didapatkan dari purposive sampling. Variabel independen adalah konsumsi labu siam dan variabel dependen adalah penurunan tekanan darah. Hasil: Berdasarkan analisa data dengan menggunakan uji paired t test dengan nilai p ≤ 0,05 didapatkan hasil: labu siam dengan penyajian dijus p=0,006, dikukus p=0,014, dan sarinya/ perasan p=0,654. Konsumsi labu siam dengan penyajian dijus memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan penyajian dikukus dan diambil sarinya/ perasan. Diskusi: Diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan terapi konsumsi labu siam sebagai intervensi nonfarmakologis dalam menurunkan tekanan darah lansia dengan hipertensi. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian labu siam sebagai intervensi nonfarmakologis penyakit selain hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.109/18 Lis e
Uncontrolled Keywords: Buah Labu Siam (Sechium Edule), Lansia, Hipertensi, Jus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
ARVIAN CAHYA ADI RISTANTO, 131311133120UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMakhfuli, Dr., S.Kep., M.Ked Trop.UNSPECIFIED
ContributorRista Fauziningtyas, S.Kep.NS., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Sep 2018 10:40
Last Modified: 03 Sep 2018 10:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73783
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item