PENGARUH HARGA DIRI KONTINGEN DALAM RELASI (RELATIONSHIP CONTINGENT SELF-ESTEEM) PADA PERILAKU KEKERASAN DALAM PACARAN DITINJAU DARI GAYA KELEKATAN DEWASA

ARIFAH RASYIDAYANTI, 111411131126 (2018) PENGARUH HARGA DIRI KONTINGEN DALAM RELASI (RELATIONSHIP CONTINGENT SELF-ESTEEM) PADA PERILAKU KEKERASAN DALAM PACARAN DITINJAU DARI GAYA KELEKATAN DEWASA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.150 18 Ras p.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.150 18 Ras p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kekerasan dalam pacaran adalah salah satu contoh hubungan romantis yang tidak sehat. Menurut Wolfe dan Feiring (2000), kekerasan dalam pacaran mencakup segala usaha untuk mengontrol atau mendominasi orang lain secara fisik, seksual, atau psikologis yang membahayakan pasangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga diri kontingen dalam relasi pada perilaku kekerasan dalam pacaran ditinjau dari gaya kelekatan dewasa. Penelitian ini dilakukan pada sampel yang terdiri dari 491 mahasiswa yang sedang dalam masa pacaran minimal 6 bulan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Perilaku kekerasan dalam pacaran diukur skala CTS2 (Straus, Hamby, Boney-McCoy, & Sugarman, 1996). Harga diri kontingen dalam relasi diukur dengan skala RCSE (Knee, Bush, Canavello, & Cook, 2008). Gaya kelekatan dewasa diukur dengan skala SAAM (Gillath, Hart, Noftle, & Stockdale, 2009) dan skala ADA (Paetzold, Rholes, & Kohn, 2015). Data dianalisis menggunakan SPSS untuk Windows versi 22 dengan korelasi, regresi linear multivariat, regresi linear hierarki, dan analisis moderasi. Berdasarkan hasil analisis moderasi, diketahui bahwa gaya kelekatan dewasa aman dan disorganisasi memoderasi pengaruh antara harga diri kontingen dalam relasi terpuruk dengan korban kekerasan dalam pacaran. Individu dengan gaya kelekatan dewasa aman dan harga dirinya juga bergantung pada baik/buruk relasi, ia tidak dapat menjadi korban kekerasan dalam pacaran meskipun dihadapkan pada situasi buruk yang akan merendahkan harga dirinya. Sebaliknya, individu dengan gaya kelekatan dewasa disorganisasi dan harga dirinya bergantung pada baik/buruk relasi, ia sangat mungkin untuk menjadi korban kekerasan dalam pacaran saat dihadapkan pada situasi buruk dalam relasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.150/18 Ras p
Uncontrolled Keywords: kekerasan dalam pacaran, harga diri kontingen dalam relasi, gaya kelekatan dewasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIFAH RASYIDAYANTI, 111411131126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMargaretha, S.Psi., P.G.Dip.Psych., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Sep 2018 11:35
Last Modified: 03 Sep 2018 11:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item