PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIS, KEPUASAN HIDUP, KETERLIBATAN KOGNITIF DAN FLOW TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA MURID KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAWASAN DI SURABAYA

NATASYA ANDIMERISA, 111411133011 (2018) PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIS, KEPUASAN HIDUP, KETERLIBATAN KOGNITIF DAN FLOW TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA MURID KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAWASAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.157 18 And p.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.157 18 And p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konsep diri akademis, kepuasan hidup, keterlibatan kognitif dan flow terhadap kemampuan bahasa murid Sekolah Menengah Pertama kawasan di Surabaya. Kemampuan bahasa meliputi kemampuan menyimak atau mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca dan kemampuan menulis (Tarigan, 2008). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Alwi, 2002), kemampuan memiliki arti kesanggupan, kecakapan dan kekuatan. Kemudian, bahasa memiliki pengertian sistem bunyi arbritrer yang digunakan untuk berinteraksi serta mengidentifikasi diri dalam bentuk komunikasi yang baik, tingkah laku yang baik, serta sopan santun yang baik (Alwi, 2002). Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan skala yang telah diadaptasi yaitu skala Middle Years Development Instrument (MDI) untuk melihat faktor-faktor kesejahteraan, seperti konsep diri akademis, kepuasan hidup, keterlibatan kognitif serta flow yang dapat mempengaruhi kemampuan bahasa. Subjek penelitian yang dilibatkan adalah 915 murid kelas VIII dari tiga Sekolah Menengah Pertama kawasan yang berbeda di Surabaya. Analisa data yang dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan program statistic SPSS versi 22.0. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh variabel konsep diri akademis dan kepuasan hidup memiliki nilai yang signifikan, sedangkan pada variabel lainnya tidak. Pada variabel keterlibatan kognitif hanya terdapat korelasi saja, tidak dengan pengaruh. Pada flow tidak terdapat keduanya. Hal ini memiliki arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri akademis dan kepuasan hidup dengan kemampuan bahasa serta tidak memiliki pengaruh yang seignifikan pada keterlibatan kognitif dan flow dengan kemampuan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.157/18 And p
Uncontrolled Keywords: konsep diri akademis, kepuasan hidup, keterlibatan kognitif, flow, kemampuan bahasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NATASYA ANDIMERISA, 111411133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMargaretha, S.Psi., P.G.Dip.Psych., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Sep 2018 12:17
Last Modified: 03 Sep 2018 12:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item