PENGGUNAAN BAHASA RAGAM BISNIS DI PASAR TRADISIONAL SUMBERREJO, KABUPATEN BOJONEGORO : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

DHESY ARBASARI PURWADEWI, 121411133017 (2018) PENGGUNAAN BAHASA RAGAM BISNIS DI PASAR TRADISIONAL SUMBERREJO, KABUPATEN BOJONEGORO : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.54 18 Pur p.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.54 18 Pur p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Bahasa Ragam Bisnis di Pasar Tradisional Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro: Kajian Sosiolinguistik” ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penggunaan bahasa ragam bisnis di pasar tradisional Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bahasa ragam bisnis di pasar tradisional Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan teori Dell Hymes, yaitu SPEAKING. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode simak, libat, dan cakap, serta menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sehingga dalam penjabarannya berupa kalimat-kalimat deskriptif. Peneliti memperoleh data dengan cara merekam percakapan informan dan menggali informasi dengan tahap wawancara. Objek penelitian ini menggunakan media masyarakat dalam hal transaksi jual beli di pasar tradisional. Peneliti mengambil data dari Kabupaten Bojonegoro tepatnya di pasar tradisional Sumberrejo. Penggunaan bahasa ragam bisnis yang digunakan di pasar tradisional Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro terdiri dari Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Campuran, sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bahasa ragam bisnis meliputi faktor jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, status sosial, dan hubungan kekerabatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.54/18 Pur p
Uncontrolled Keywords: Sosiolinguistik, Penggunaan bahasa bisnis, Pasar tradisional, Kabupaten Bojonegoro
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DHESY ARBASARI PURWADEWI, 121411133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Sep 2018 10:38
Last Modified: 04 Sep 2018 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item