PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OSCAR

Iis Holisin and Chusnal ‘Ainy and Febriana Kristanti (2017) PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OSCAR. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya 2017: Peranan Matematika dan Sistem Informasi di Era Big Data untuk Menunjang Perkembangan Iptek di Indonesia. Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya, Surabaya, pp. 129-133. ISBN 978-602-14413-1-2

[img]
Preview
Text (Iis Holisin)
20-Iis-Holisin__Pendidikan_.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://math.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/201...

Abstract

Salah satu standar kelulusan mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar adalah memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Seringkali siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru, namun mereka mengalami kesulitan ketika diberi soal yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa belum terlatih. Siswa hanya mengingat apa yang sudah dihafalkan, tanpa memahami maknanya. Misalnya siswa hanya mengingat rumus yang digunakan. Tidak sedikit siswa yang hafal rumus, tetapi tidak tahu bagaimana menggunakan rumus tersebut dalam konteks yang berbeda. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan pembelajaran pemecahan masalah di Sekolah Dasar dengan model pembelajaran OSCAR. Dengan model pembelajaran OSCAR siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai situasi, bukan hanya pada masalah rutin saja. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Model pembelajaran ini merupakan kombinasi dari beberapa model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang sudah digunakan. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran OSCAR terdiri dari lima tahap, yaitu Orientation, Self-observation, Construction, Association, Reflection.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Masalah matematika, model pembelajaran, Sekolah Dasar, OSCAR
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101-145 Elementary Mathematics, Arithmetic
Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
PROSIDING > Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya 2017
Creators:
CreatorsEmail
Iis HolisinUNSPECIFIED
Chusnal ‘AinyUNSPECIFIED
Febriana KristantiUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 07 Sep 2018 13:40
Last Modified: 07 Sep 2018 13:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item