PERANAN POSITIONING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK NPK PELANGI PT. KALIMANTAN TIMUR : STUDI KASUS PADA KONSUMEN AKHIR DI KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO JAWA TIMUR

ASTRINA SUMARENDAH, 151510813004 (2018) PERANAN POSITIONING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK NPK PELANGI PT. KALIMANTAN TIMUR : STUDI KASUS PADA KONSUMEN AKHIR DI KECAMATAN KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO JAWA TIMUR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fv pm 21 18 Sum p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian serta interpretasi pada pembahasan penelitian yang telah dilakukan mengenai peranan positioning dalam keputusan pembelian pupuk NPK Pelangi di Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, maka dapat disimpulkan : Strategi positioning pupuk NPK Pelangi secara keseluruhan mempunyai peranan besar dalam keputusan pembelian konsumen dengan nilai rata-rata tiap atribut produk lebih dari 3,00 hingga 4,5 dan masuk ke dalam kategori sangat tinggi, tinggi serta sedang. Positioning berdasarkan atribut produk dan positioning berdasarkan manfaat memiliki nilai mean dengan kategori sangat tinggi menunjukkan bahwa strategi positioning tersebut mempunyai peranan besar dalam keputusan pembelian pupuk NPK Pelangi dibandingkan dengan dua strategi positioning lainnya. Positioning berdasarkan pesaing memiliki nilai total mean sebesar 3,3 dan termasuk dalam kategori sedang. Hal tersebut karena salah satu indikatornya yaitu desain kemasan produk mendapatkan nilai mean dengan kategori rendah. Desain kemasan pupuk NPK Pelangi yang ada di kios dirasa kurang menarik sehingga mendapatkan nilai mean rendah. Positioning berdasarkan harga termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu dengan nilai total mean 3,91. Artinya, perusahaan dapat menetapkan harga terbaik dalam produknya karena secara positif harga dapat meningkatkan keputusan pembelian. Kualitas dalam suatu produk memiliki nilai tersendiri pada konsumen yang dimana kualitas yang baik akan berperan besar dalam keputusan pembelian itu sendiri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PM 21/18 Sum p
Uncontrolled Keywords: pupuk
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsEmail
ASTRINA SUMARENDAH, 151510813004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPhima Ruthia Dwikesumasari, SE., M.SM.,UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 Sep 2018 12:11
Last Modified: 27 Sep 2018 12:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74104
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item