LIKUIDITAS SAHAM, UKURAN DEWAN DIREKSI, DAN LEVERAGE

ENDANG SETYOWATI, 041411231237 (2018) LIKUIDITAS SAHAM, UKURAN DEWAN DIREKSI, DAN LEVERAGE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 145-18 Set l.PDF
Restricted to Registered users only until 1 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji pengaruh likuiditas saham, ukuran dewan direksi terhadap leverage perusahaan nonkeuangan di Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 229 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 – 2016 dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah leverage yang diproksikan menggunakan book leverage. Variabel independen yang digunakan adalah ukuran dewan direksi diukur menggunakan number of directors dan variabel moderasi dari penelitian ini adalah likuiditas saham yang dihitung menggunakan share turnover. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural dari total asset, dan asset liquidity yang diukur dengan current asset dibagi dengan current liability. Penelitian menggunakan uji regresi linear berganda menunjukkan hasil penelitian bahwa likuiditas saham memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap leverage, hal ini menunjukkan bahwa likuiditas saham yang tinggi akan meningkatkan leverage. Ukuran dewan direksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap leverage, hal ini menunjukkan bahwa semakin besar jumlah dewan direksi akan mengurangi leverage. Sementara, pengaruh likuiditas saham sebagai variabel moderasi dapat memperlemah hubungan antara ukuran dewan direksi terhadap leverage. Variabel kontrol umur perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap leverage, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap leverage, assets liquidity memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap leverage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.145/18 Set l
Uncontrolled Keywords: Struktur modal,likuiditas saham, ukuran dewan direksi, leverage
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ENDANG SETYOWATI, 041411231237UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChorry Sulistyowati, Se., M.Sc.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 01 Oct 2018 09:21
Last Modified: 01 Oct 2018 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item