PENGUATAN SERTIFIKASI ROUNDTABLE ON SUSTAINABLE PALM OIL (RSPO) DALAM UPAYA MENGHADAPI PEMBATASAN IMPOR KELAPA SAWIT INDONESIA OLEH UNI EROPA

MUTIARA KASIH RAMADHANI, 031411131084 (2018) PENGUATAN SERTIFIKASI ROUNDTABLE ON SUSTAINABLE PALM OIL (RSPO) DALAM UPAYA MENGHADAPI PEMBATASAN IMPOR KELAPA SAWIT INDONESIA OLEH UNI EROPA. Skripsi thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2018, Uni Eropa menyetujui proposal Renewable Energy Directive II (EU RED II) dengan tujuan melindungi lingkungan, khususnya melakukan pelarangan penggunaan biofuel kelapa sawit yang dianggap penyumbang terbesar deforestasi. Dalam menanggapi directive tersebut, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan pernyataan keberatan karena pelarangan penggunaan biofuel kelapa sawit akan berdampak pada kegiatan ekspor Indonesia sekaligus menyatakan bahwa proposal directive tersebut berpotensi melanggar General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) apabila diterapkan. Sementara, perdagangan internasional adalah salah satu pilar ekonomi penting bagi negara. Untuk memfasilitasi perkembangan ini serta memastikan bahwa perdagangan internasional tersebut dapat berjalan dengan lancar, negara-negara diharuskan untuk memenuhi ketentuan World Trade Organization. Oleh karena itu, skripsi ini akan membahas tentang kesesuaian proposal EU RED II dengan GATT dan upaya yang dapat dilakukan Indonesia dalam menghadapi adanya pelarangan kelapa sawit. Terkait dengan upaya tersebut, skripsi ini akan mengulas tentang Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang dapat dijadikan standar bersama untuk produksi kelapa sawit berkelanjutan oleh Indonesia agar menjamin ekspornya ramah lingkungan, sesuai dengan yang dianjurkan Uni Eropa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 193/18 Ram p
Uncontrolled Keywords: Perdagangan Internasional; World Trade Organization; General Agreement on Tariffs and Trade; Sertifikasi Kelapa Sawit.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA KASIH RAMADHANI, 031411131084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIman Prihandono, S.H., M.H., LL.M., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2018 17:31
Last Modified: 01 Oct 2018 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item