PENERAPAN STP (SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING) PADA PROGAM SAILING WISATA BAHARI ARTAMA HARBOUR CRUISE PT PELINDO MARINE SERVICE SURABAYA

PRASETYO BUDIYONO, 151410813021 (2018) PENERAPAN STP (SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING) PADA PROGAM SAILING WISATA BAHARI ARTAMA HARBOUR CRUISE PT PELINDO MARINE SERVICE SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV pm 30 18 Bud p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Awal pertama kali unit usaha berdiri, pemasarannya hanya sebatas pada penerimaan pelanggan dari perusahaan induk. Media promosi yang tidak terlalu variatif membuat promosi tidak tertuju langsung pada target pasar dan tidak efektik. Strategi pemasaran yang hanya seadanya saja dan sejalannya aja membuat unit usaha sepeti tidak dijalankan secara baik dan benar. Kurangnya sumber daya manusia yang terfokus pada unit usaha membuat unit usaha terkesan tidak profesional. Penerapan segmentasi geografi yang sudah benar meliputi wilayah Surabaya, Gresik dan Madura, dengan memusatnya jangkauan wilayah kerja membuat perusahaan dapat lebih fokus pada perkembangan unit usaha. Di dukung dengan wilayah demografis yang strategis karena Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia sehingga beragamnya ras dan agama masyarakat atau calon konsumen yang berada di Surabaya. Semua fasilitas dan kelebihan peusahaan menjadikan kunci penting bagi kelangsungan unit usaha, wilayah perusahaan yang di kelilingi Kawasan berpenghasilan tingkat menengah keatas membuat pasar sangan melimpah. Serta Terfokusnya pelayanan jasa terhadapa golongan pengguna dengan metode kerja sama membuat perusahaan memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan setiap bulannya. Serta dengan sumber daya perusahaan yang sangat mendukung permintaan konsumen dapat dengan mudah terpenuhi. Penerapan targeting PT Pelindo Marine service menggunakan empat alteranatif yaitu Single-Segmen Concentration, Selective Specialization, Market Specialization, dan Product Specalization. Perusahaan memiliki kelebihan yang banyak tidak dimiliki perusahaan lainya, seperti akses bawah Jembatan Suramadu, Kawasan bebas selat Madura, wilayah dermaga TNI AL, serta wilayah Petikemas Tanjung Perak Surabaya yang merupakan pintu masuk bagi seluruh kapal yang akan menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kelebihan itu digunakan sebagai salah satu target unit usaha perusahaan karena segmen pasar yang masih cukup lebar. Target pasar sebagai wisata esklusif, ergonomis, dan wisata edukasi. Sehingga perusahaan tetap menggukan sistem kerja sama bagi pengguna instansi besar sebagai penunjang kinerja masing-masing perusahaan. Artama Harbour Cruise memiliki market tetap yang berarah pada wisata edukasi dan kerjasama bisnis profesional sebagai penunjang pariwasata sehingga pengguna jasa tetap dapat menjalankan kegiatannya dengan pengalaman yang berbeda dilaut. Tagline “Have fun with Artama Harbour Cruise, your smile is our spirit” belum terpenuhi karena masih banyaknya complain yang dilakukan konsumen karena pelayan jasa yang dinilai kurang, di sebabkan karena fasilitas yang terkadang mengalami masalah, keterlambatan kapal karena faktor masalah mesin serta terkadang terjadinya pembatalan karena kapal mengalam gangguan. PT Pelindo Marine Service menggunakan lima dari tujuh cara penetapan positioning yaitu:  Penetapan menurut manfaat seperti penggunaan layanan jasa sebagai wisata edukasi maritime, keperluan kunjungan kerja, dan kebutuhan laut lainya.  Penetapan menurut penerapan dan penggunaan, beberapa kegiatan yang biasa dilakukan didarat menjadi asyik ketika dilakukan dilaut. Seperti private party, family gathering, dinner cruise dan sunset cruise.  Penetapan menurut pemakai, dengan fokus pengguna yang dipentingkan menjadikan konsumen lebih terfokus dalam penggunaan jasa.  Penetapan produk yang hanya pada wisata bahari.  Penentuan menurut harga yang terjangkau dan ergonomis dan tetap mendapatkan pelayanan yang esklusif. Sehingga membuat para konsumen teringat selalu akan semua pelayanan wisata bahari tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PM 30/18 Bud p
Uncontrolled Keywords: wisata bahari; stp
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PRASETYO BUDIYONO, 151410813021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdwin Fiatiano,, S.Sos, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 02 Oct 2018 13:43
Last Modified: 02 Oct 2018 13:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item