IMPLEMENTASI METODOLOGI SIX SIGMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PIUTANG USAHA PADA PT. TRAKINDO UTAMA REGION SURABAYA

Karnova Achmad Bastari, 041414353023 (2018) IMPLEMENTASI METODOLOGI SIX SIGMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PIUTANG USAHA PADA PT. TRAKINDO UTAMA REGION SURABAYA. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Six Sigma awalnya dikembangkan untuk perusahaan manufaktur dan metode ini sebagian besar digunakan di perusahaan manufaktur. Belakangan banyak berpendapat bahwa metodologi ini juga dapat digunakan di perusahaan selain manufaktur, misalnya di industri pelayanan (jasa) atau keuangan. Secara konseptual metodologi six sigma, DMAIC dapat diterapkan baik pada barang maupun jasa, karena yang ditekankan dalam penerapan Six Sigma adalah perbaikan sistem kualitas dengan menghilangkan setiap pemborosan (waste) yang ada dalam proses. Trakindo Utama adalah dealer resmi alat berat merk Caterpillar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1970. Caterpillar yang memperkenalkan konsep Six Sigma terhadap dealer nya di seluruh dunia. Trakindo Utama mulai memperkenalkan Six Sigma dan metodologinya dalam memperbaiki beberapa internal proses di dalam perusahaan termasuk dalam pengelolaan working capital salah satunya piutang usaha. Terdapat performance gap antara aktual pencapaian kinerja dengan target pengumpulan piutang di Trakindo Utama yang berkontribusi pada turnover modal kerja yang rendah. Kinerja Piutang usaha dalam penelitian ini dihitung dengan Receivables Turnover, Collection days, dan Overdue Ratio. Research question dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi metodologi six sigma diharapkan dapat meningkatkan kinerja piutang usaha di Trakindo Utama. Selain latar belakang di atas, penelitian ini juga bertujuan untuk mengisi research gap atas penelitian yang mengulas tentang Six Sigma. Kecenderungan penelitian yang mengulas Six Sigma biasanya pada industri manufaktur. Jenis penelitian adalah studi kasus dan bersifat eksploratoris. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan Six Sigma dapat diaplikasikan pada proses keuangan. Pada fase define diketahui kondisi aktual collection days Trakindo Surabaya adalah 89 hari sedangkan target yang diinginkan adalah 60 hari. Pada fase measure dilakukan pengolahan data hasil menunjukan 63.4 % dari tagihan parts maka tim melakukan fokus perbaikan di area tersebut. Pada fase analyze dilakukan analisa hasil data proses bisnis dan penentuan akar masalah. Pada fase improve disetujui solusi untuk menerapkan tools finance monitoring center agar dapat mengukur jangka waktu proses dan melihat collection performance. Pada fase control telah dirumuskan sistem dan pengawasan dengan menyempurnakan SOP agar proses perbaikan ini dapat berjalan berkelanjutan yang berujung pada perbaikan kinerja piutang usaha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 48/18 Bas i
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, DMAIC, Accounts Receivable, Receivables Turnover, Collection Days, and Overdue Ratio
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Karnova Achmad Bastari, 041414353023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndrianawati Usman, Dr. , SE., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2018 13:50
Last Modified: 02 Oct 2018 14:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item