PENGURANGAN WASTE DALAM UPAYA PENINGKATAN KETEPATAN PEMENUHAN PESANAN DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING (VSM)PADA PROSES PRODUKSI PLYWOOD DI PT. WOOD VEENER ADIPERKASA INDONESIA

NADHAR YULIYANTO, 041524353072 (2018) PENGURANGAN WASTE DALAM UPAYA PENINGKATAN KETEPATAN PEMENUHAN PESANAN DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING (VSM)PADA PROSES PRODUKSI PLYWOOD DI PT. WOOD VEENER ADIPERKASA INDONESIA. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
absterak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Persaingan bisnis di dunia industri perkayuan yang semakin ketat dan berkembang, menuntut unit usaha menengah untuk selalu melakukan perbaikan dan peningkatan kinerjanya sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya. PT. Woodveneer Adiperkasa Indonesia merupakan salah satu perusahaan perkayuan dengan hasil produksi berupa plywood sebagai produk utamanya. Pada proses produksi perusahaan masih ditemukan beberapa waste. Untuk mengurangi waste yang terjadi digunakan pendekatan lean manufacturing. Dengan metode Value Stream Mapping/Big Picture Mapping (VSM) untuk pemetaan aliran produksi dan aliran informasi terhadap suatu produk pada tingkat produksi keseluruhan. Value Stream Analysis Tools (VALSAT) dengan melakukan pembobotan untuk mengetahui waste yang paling kritis, untuk kemudian ditentukan tools pendekatan yang paling tepat. Fishbone Diagram digunakan untuk menganalisis sebab dan akibat suatu permasalahan sehingga ditemukan akar permasalahan dari waste kritis yang terjadi. FMEA digunakan untuk mengidentifikasi dan memberikan prioritas kegagalan. Hasil dari FMEA menunjukkan Prosedur pencampuran glue dan Material pembuat glue tidak sesuai sepesifikasi adalah yang menjadi prioritas perbaikan pada defect bubble pada plywood dan plywood mengelupas. Sedangkan pada unnecessary inventory prioritas perbaikan adalah pada keterlambatan material glue, inventory level management dan kerusakan mesin. Dari rancangan perbaikan yang diusulkan diharapkan dapat menurunkan lead time produksi secara keseluruhan dari 391 menit menjadi 289 menit atau terjadi penghematan waktu lead time 102 menit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 53/18 Yul p
Uncontrolled Keywords: Value Stream Mapping/Big Picture Mapping, VALSAT, Fishbone Diagram dan FMEA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NADHAR YULIYANTO, 041524353072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuparno, Prof.Dr.Ir. , MSIEUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2018 14:39
Last Modified: 02 Oct 2018 14:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item