PROSES CORPORATE REBRANDING(STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI BRI LIFE DI KANTOR WILAYAH SURABAYA)

Ridhan Fadhlur Rahman, 041514353058 (2018) PROSES CORPORATE REBRANDING(STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI BRI LIFE DI KANTOR WILAYAH SURABAYA). Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (full text)
ful text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Rebranding merupakan suatu tema pemasaran yang menekankan pembentukan kembali merek dengan tujuan untuk memperbaiki citra dan menciptakan citra merek yang lebih baik.PT. Asuransi BRI Life resmi diakuisisi oleh PT. Bank Rakyat Indonesia tbk pada bulan Desember tahun 2015. Perubahan kepemilikan ini menghasilkan keputusan yang diambil oleh manajemen BRI Life untuk melakukan corporate rebranding pada perusahaannya. Perusahaan yang gagal dalam menerapkan corporate rebranding disebabkan karena hanya melakukan sebagian proses corporate rebranding. Menurut Moisescu (2011) terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum melakukan rebranding karena rebranding yang dilakukan tanpa merubah aspek lain (nilai, posisi, produk, promosi, kampanye) adalah sesuatu sia-sia yang melibatkan adopsi, komunikasi, nilai-nilai baru dan reposisi produk baru (Moisescu, 2011). Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui lebih lanjut proses-proses dalam melakukan corporate rebranding pada PT. Asuransi BRI Life di kantor Wilayah Surabaya serta melakuakn evaluasi setelah dilakukannya proses dari corporate rebranding. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Analisis tematik digunakan sebagai dasar analisis penelitian kualitatif. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. Hasil temuan berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh informan adalah terdapat beberapa proses diantaranya proses analisis faktor pendorong yang menyebabkan dilakukannya corporate rebranding pada PT. Asuransi BRI Life. Yang kedua adalah perencanaan yang menghasilkan adanya keputusan dalam melakukan rebranding yang terdiri dari logo, nama merek, nama perusahaan dan slogan. Keputusan ini diambil oleh pihak eksternal yaitu Manajemen Bank BRI sebagai induk perusahaan yang mengisntruksikan untuk memasukan nama merek yang sudah ada yaitu BRI. Tujuan yang ingin dicapai dari corporate rebranding adalah untuk memperkuat identitas nama perusahaan, meningkatkan daya saing, mempermudah tim tenaga penjualan dalam memasarkan dan memperoleh kepercayaan nasabah. Yang ketiga adalah implementasi yang dilakukan oleh PT. Asuransi BRI Life dalam merilis nama yang baru yaitu dengan cara melakukan konferensi press kepada media massa yang diundang, menerbitkan SK (surat keputusan) Direksi tentang nama, logo dan slogan yang baru. Selain itu BRI Life juga merilis film pendek pada chanel youtube perusahaan yang bertujuan sebagai bahan promosi serta mengedukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya berasuransi. Yang terakhir adalah tahap evaluasi yang dilakukan di kantor wilayah Surabaya kepada pihak eksternal yaitu nasabah serta internal tenaga penjualan. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan adalah corpoarate rebranding berpengaruh positif terhadap citra merek yang baru dan pendapatan premi brutto mengalami kenaikan setelah adanya proses corporate rebranding.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 62/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: corporate rebranding, rebranding, merek, citra merek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ridhan Fadhlur Rahman, 041514353058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMasmira Kurniawati, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 14:23
Last Modified: 03 Oct 2018 14:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74297
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item