PENGARUH MENTOR FUNCTION PENDAMPING TERHADAP PERFORMANCE ON THE JOB TRAINING MENTORING SISWA MELALUI PSYCHOLOGICAL CONTRACT MENTORING DAN AFFECTIVE COMMITMENT DI PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB)

RENDRA YHULI ERWANTO, 041514353029 (2018) PENGARUH MENTOR FUNCTION PENDAMPING TERHADAP PERFORMANCE ON THE JOB TRAINING MENTORING SISWA MELALUI PSYCHOLOGICAL CONTRACT MENTORING DAN AFFECTIVE COMMITMENT DI PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB). Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menerapkan metode mentoring formal dalam tahapan penerimaan karyawan baru untuk mendapatkan sumber daya yang mampu memenuhi kualifikasi dan kompentensi yang diperlukan oleh perusahaan dengan menugaskan secara formal mentor pendamping untuk membimbing siswa didik (mentee) dan menentukan tanggung jawab khusus untuk mentor dengan periode waktu program mentoring on the job training (OJT) selama setahun masa kontrak kerja awal bagi rekrumen baru atau yang dikenal secara internal sebagai Siswa OJT. Di dalam studi penilaian fungsi mentor dilakukan untuk mendapatkan prespektif evaluasi berimbang dalam melakukan evaluasi program mentoring. Didalam studi ini fungsi mentor dibentuk dari dua dimensi Ability development support dan psychosocial support yang menjadi fokus perusahaan selanjutnya dilakukan analisa pengaruh hubungan fungsi mentor melalui psychological contract mentoring, affective commitment dan secara langsung terhadap performance mentoring OJT siswa pada Kebutuhan Kompentensi Jabatan (KKJ) Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3) di PT. PJB. Populasi responden terdiri dari siswa yang menyelesaikan program mentoring OJT angkatan ke 14 tahun 2017 dan mentor pendampingnya dengan mewakili unit operasi yang ada di PJB. Kerangka konseptual penelitian secara skematis diolah berdasarkan model hubungan path dengan pengolahan dan analisis pembahasan digunakan metode Partial least Square (PLS) melalui bantuan aplikasi smartPLS2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mentor Function di PJB memberikan penilaian rata-rata yang tinggi pada dimensi pembentuknya yaitu Ability development support maupun dimensi psychosocial support. Dari hasil path analysis PLS menunjukkan bahwa mentor function berpengaruh positif dan signifikan terhadap psychological contract mentoring, mentor function berpengaruh positif dan signifikan terhadap affective commitment, psychological contract mentoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap affective commitment, psychological contract mentoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap performance on the job mentoring, affective commitment berpengaruh tidak signifikan terhadap performance on the job mentoring dan mentor function berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap performance on the job mentoring siswa di PT. Pembangkitan Jawa Bali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 65/18 Erw p
Uncontrolled Keywords: Formal mentoring, Mentoring on the job training (OJT), Ability development support and Psychosocial support, Psychological contract mentoring, Affective commitment, Mentoring performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RENDRA YHULI ERWANTO, 041514353029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini, Dr. Drs. Ec. , MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 15:22
Last Modified: 03 Oct 2018 15:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item