PROSES ORGANIZATIONAL CHANGE DALAM RANGKA REDESAIN ORGANISASI DALAM TRANSFORMASI BPJS KETENAGAKERJAAN

FARIDAH HANUM, 041424353002 (2018) PROSES ORGANIZATIONAL CHANGE DALAM RANGKA REDESAIN ORGANISASI DALAM TRANSFORMASI BPJS KETENAGAKERJAAN. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan bisnis yang senantiasa berubah dan persaingan yang semakin ketat menuntut setiap organisasi untuk bisa bertahan dan memenangkan persaingan. Kemampuan organisasi untuk bertahan hidup ditentukan oleh kemampuan organisasi untuk berubah, beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis, seperti timbulnya disruptive economy. BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan perubahan organisasi dalam merubah desain organisasi dan orientasi strateginya dalam menjalankan amanah Undang-Undang dan perubahan lingkungan. Penelitian ini menjelaskan proses perubahan yang terjadi di BPJS Ketenagakerjaan terkait organizational change meliputi unfreezing, movement dan refreezing, dimana BPJS Ketenagakerjaan sudah masuk pada tahap refreezing sesuai konsep Lewin’s Planned Change Model, dimana semua perubahan yang sudah dilalui dipastikan dibawa kepada kondisi perubahan yang baru dan tidak membuka peluang untuk bekerja dengan pola-pola lama atau set back. BPJS Ketenagakerjaan sudah melakukan upaya menekan restraining forces dan meningkatkan driving forces yang muncul selama proses transformasi berlangsung. Adapun terkait desain organisasi, BPJS Ketenagakerjaan menerapkan McKinsey 7 Ss Model yaitu strategy, structure, systems, shared values, style, staff dan skill. Penerapkannya dilakukan secara parallel meskipun waktunya tidak bersamaan dalam desain organisasinya, terutama sesuai fokus penelitian yaitu pada Hard Ss dimana badan ini menganut structure follows strategy dan berikutnya diikuti oleh perubahan proses bisnis dan sistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian qualitatif dengan tipe penelitian descriptive serta menggunakan holistic single case study dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumen internal sebagai sumber data. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat upaya nyata dari BPJS Ketenagakerjaan dalam melakukan perubahan. Proses perubahan mendapat tanggapan positif dan dukungan dari semua karyawan. Proses perubahan telah dan terus berlangsung dan masih memerlukan monitoring dan evaluasi terus-menerus guna mengetahui perkembangan proses perubahan yang dilakukan sehingga selalu berkembang ke arah yang lebih baik. Penelitian mengenai organizational change ini membuka kesempatan bagi peneliti lain, mengingat bahasan mengenai perubahan organisasi semakin berkembang seiring dengan perubahan lingkungan yang semakin dinamis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 67/18 Han p
Uncontrolled Keywords: Organizational Change, Organizational Design, BPJS Ketenagakerjaan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FARIDAH HANUM, 041424353002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr. , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 15:39
Last Modified: 03 Oct 2018 15:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item