ANALISIS PENGARUH SIKAP ATAS SPONSOR DAN FAN INVOLVEMENT TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK SPONSOR UTAMA KLUB PERSEBAYA DI SURABAYA

ANGGIT PANGESTU, 040318321 (2010) ANALISIS PENGARUH SIKAP ATAS SPONSOR DAN FAN INVOLVEMENT TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK SPONSOR UTAMA KLUB PERSEBAYA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2011-pangestuan-15343-kkbkkb-k.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pangestuan-13900-kkbkkb-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sponsorship merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh pemasar untuk berkomunikasi dengan konsumen. Sponsorship dapat menjadi alternatif ditengah maraknya persaingan antar perusahaan dalam memperoleh perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap atas sponsor dan fan involvement terhadap niat pembelian atas produk sponsor utama Persebaya Surabaya persebaya Surabaya merupakan klub sepakbola kebanggan warga Surabaya dan pendukungnya dinamakan bonekmania. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Responden merupakan para pendukung Persebaya Surabaya yang menonton pertandingan di Gelora Sepuluh November selama musim 2009/2010. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis yang diolah menggunakan program SPSS. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah : Y = 1,670 + 0,317X1 + 0,206X2 Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah sikap atas sponsor dan fan involvement berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian pengunjung atas produk sponsor utama Persebaya Surabaya. Dimana variable sikap atas sponsor lebih besar pengaruhnya daripada variable fan involvement. Sebagai rekomendasi, disarankan Sponsorship dijadikan salah satu alternatif perusahaan dalam menentukan media komunikasi pemasaran yang hendak digunakan, perusahaan sponsor mempertimbangkan kesesuaian antara acara dengan perusahaan dan perusahaan sponsor memperkuat hubungan dengan klub yang disponsorinya dalam upaya memaksimalkan hasil yang diperoleh dari sponsor yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 509/10 Pan a
Uncontrolled Keywords: MARKETING � M,ANAGEMENT; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANGGIT PANGESTU, 040318321UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Utami, Dra. Ec. S, MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Mar 2011 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 06:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item