FORMULASI STRATEGY MAP DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI KARYAWAN CITRA BEKISAR

IAN DAMORA SITOMPUL, 040510463 (2010) FORMULASI STRATEGY MAP DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI KARYAWAN CITRA BEKISAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2011-sitompulia-13902&no=1

Download (1kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sitompulia-13902-kkbkkb-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi berperan sangat penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi ekonomi rakyat. Koperasi Karyawan (Kopkar) Citra Bekisar sebagai koperasi yang diprakarsai oleh karyawan PT TELKOM divisi regional V Jawa Timur, didirikan tanggal 23 Maret 1985 dan memiliki berbagai jenis usaha meliputi Simpan Pinjam, Apotik, K-Shop, Green Café, Mess Telkom, Rent Car & Maintenance, HR. Provider, Trading, Konstruksi, SOPP & Kemitraan, AD. Flexi & Terminal. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi organisasi, dimana pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menilai keberhasilan organisasi dan dapat digunakan sebagai dasar menyusun strategi perusahaan. Informasi-informasi yang dihasilkan dari alat pengukuran kinerja dengan cara yang kurang relevan maupun kurangnya alat ukur yang mendukung, akan menyulitkan organisasi dalam melakukan evaluasi terhadap kinerjanya yang dijadikan dasar untuk menentukan strategi apa akan diterapkan untuk jangka waktu ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan Strategy Map dengan pendekatan Balanced Scorecard pada Kopkar Citra Bekisar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di kopkar Citra Bekisar. Metode penelitian mengacu pada balanced scorecard yang digunakan untuk membantu memenuhi kepuasan konsumen kopkar Citra Bekisar. Berdasarkan hasil analisis diketahui kinerja Kopkar Citra Bekisar dari perspektif pelanggan sangat baik, dimana target kepuasan kerja yang terus meningkat di atas 80% dan reward kepada 2 orang untuk diberangkatkan haji di tiap tahunnya. Berdasarkan perspektif keuangan juga mengalami kenaikan, Pendapatan mengalami kenaikan sebesar 98% dari tahun 2007 ke 2008 dan SHU juga mengalami kenaikan sebesar 351% dari tahun 2007 ke tahun 2008 dan 29% dari tahun 2008 ke2009. Kinerja berdasarkan perspektif bisnis internal juga mengalami kenaikan, dilihat dari persentase anggota yang telah mendapatkan layanan simpan pinjam dan persentase kehadiran karyawan. Sedangkan kinerja berdasarkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara keseluruhan juga sangat baik, diantaranya pelatihan SMK3 dari Disnaker, team building / gathering, siraman rohani, dan roadshow diadakan rutin sekali di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 512 Sit f
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IAN DAMORA SITOMPUL, 040510463UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndrianawati Usman, Dr., Msc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Mar 2011 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item