TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP KEBOCORAN RAHASIA AKTA YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN NOTARIS

MAUDY IRENE, 031142173 (2018) TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP KEBOCORAN RAHASIA AKTA YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN NOTARIS. Thesis thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2021.

Download (672kB)

Abstract

Penelitian berjudul Tanggung Jawab Notaris Terhadap Kebocoran Rahasia Akta Yang Dilakukan Oleh Karyawan Notaris , dengan permasalahan Dasar apa yang dimaksud kebocoran rahasia akta dan tanggung jawab Notaris atas kebocoran Rahasia Akta yang dilakukan oleh karyawan Notaris. Penelitian ini dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep dan pendekatan kasus, dari hasil penelitian diperoleh suatu jawaban sebagai berikut: Kebocoran rahasia akta adalah memberikan, memperlihatkan, atau memberitahukan isi akta, grosse akta, salinan akta atau kutipan akta, kepada orang yang tidak berkepentingan langsung pada akta, ahli waris, atau orang yang memperoleh hak. Memberikan, memperlihatkan atau memberitahukan akta tidak termasuk membocorkan rahasia akta jika untuk pemeriksaan perkara pidana yang berhubungan dengan akta yang dibuat di hadapan notaris tersebut atau karena peraturan perundang-undangan memperkenankan untuk itu dan Notaris bertanggung jawab atas kebocoran akta yang disebabkan oleh karyawannya, namun tanggung jawab notaris bukan dari segi hukum pidana, melainkan dari segi hukum perdata atas dasar ketentuan pasal 1367 B.W., bahwa seseorang tidak hanya bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan oleh diri sendiri (notaris) melainkan kerugian yang ditimbulkan oleh orang-orang yang berada di bawah tanggungannya, dalam hal ini pegawai notaris adalah orang-orang yang berada di bawah tanggungan notaris tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 115/18 Ire t
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Notaris , Rahasia Akta , Karyawan Notaris
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
MAUDY IRENE, 031142173UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDidik Endro Purwoleksono, Prof. Dr. , S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2018 14:40
Last Modified: 05 Oct 2018 14:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item