DANA DESA SEBAGAI PENDORONG PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Megaluh Kabupaten Jombang)

NISA MUTIARA, 091417077302 (2018) DANA DESA SEBAGAI PENDORONG PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Megaluh Kabupaten Jombang). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. EI. 04-18 Mut d Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. EI. 04-18 Mut d.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 dan diiringi Dana Desa pada tahun 2015, yang semakin besar dari tahun ke tahun, mampu mendorong peran serta masyarakat desa. Sedangkan menurut Ekonomi Islam harta adalah cobaan. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang dilakukan pada Desa Megaluh Kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; manusia sebagai development actors yang memiliki kewajiban hablum-minallah dan hablum-minannas agar penggunaan Dana Desa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sejalan dengan maqashid syari’ah secara konsisten. Tingkatan/derajat peran serta masyarakat Desa Megaluh dalam pembangunan setelah berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 terdiri atas apathetic, information, consultation, partnership dan empowerment. Dan tipologi peran serta masyarakat Desa Megaluh yaitu mbesut, katut, manut, nuntut, dan sumbut. Peran serta Islami merupakan keterlibatan rakyat bersama pemerintah sesuai syari’ah dalam pembangunan untuk mewujudkan kesehjateraan (falah). Hasil Penelitian ini sejalan dengan pemikiran Ibnu Khaldun “Dynamic Model”, dan Amartya Sen dalam “Development of Freedom”(1999). Dan dalam penelitian ini, terdapat indikator lain yaitu budaya dan ideologi/agama dalam peran serta masyarakat. Hasil penelitian terhadap tingkatan/derajat dan tipologi peran serta masyarakat desa dalam pembangunan berbeda dengan pemikiran Sherry Arnstein dalam “ladder of participation”(1969).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. EI. 04-18 Mut d
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Peran Serta, Pembangunan Ekonomi Islam, Ekonomi Publik Islam, Maqashid Syari’ah.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Doktoral Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NISA MUTIARA, 091417077302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjoko Mursinto, Prof. Dr., Drs., M.Ec.UNSPECIFIED
ContributorZainuddin Maliki, Prof. Dr. H., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Oct 2018 11:36
Last Modified: 08 Oct 2018 11:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item