DAERAH KERJA PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 2016

MOCHAMAD FARID EFENDI, S.H., 031424253027 (2018) DAERAH KERJA PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 2016. Thesis thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2021.

Download (711kB)

Abstract

Dalam hukum positif Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dikonsturksikan sebagai pembantu kepala kantor dalam pelaksanaan pendaftaran tanah untuk melaksakan kegiatan-kegiatan tertuntu, yaitu membuat alat bukti mengenai perbuatan-perbuatan hukum tertentu yang obyeknya hak atas tanah, kewenangan PPAT dalam membuat alat bukti tersebut dibatasi oleh materi (isi), lokus (daerah kerja) dan tempus (waktu). Pengaturan tentang lokus/daerah kerja tersebut mengalami perubahan, yang mana sebelumnya daerah kerja PPAT adalah meliputi satu wilayah Kantor Pertanahan dirubah menjadi satu wilayah propinsi. Dengan perluasan daerah kerja tersebut akan menyebabkan PPAT berwenang untuk membuatkan alat bukti mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai tanah yang terletak di dalam daerah kerja PPAT. Ratio legis perluasan daerah kerja PPAT adalah agar masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan PPAT. Perluasan daerah kerja itupun berpotensi terjadi disharmoni antara peraturan mengenai pendaftaran tanah yang mengkonstruksikan PPAT sebagai pembantu kepala kantor pertanahan dengan peraturan jabatan PPAT yang memiliki daerah kerja lebih luas dari pada yang dibantu (kantor pertanahan).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 134/18 Efe d
Uncontrolled Keywords: Official Certifier of Title Deeds, Regional Working, Society Service.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K109-110 Law societies. International bar associations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD FARID EFENDI, S.H., 031424253027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Winarsi, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2018 17:18
Last Modified: 08 Oct 2018 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74454
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item