EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BIAYA OPERASIOANAL SEKOLAH (BOS)UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMPS BERDIKARI RAJA, KABUPATEN NAGEKEO )

THOMASINE WEDHI, 041424253010 (2018) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BIAYA OPERASIOANAL SEKOLAH (BOS)UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMPS BERDIKARI RAJA, KABUPATEN NAGEKEO ). Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPS Berdikari Raja, kabupaten Nagekeo termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta pelaporan program BOS. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMPS Berdikari Raja Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, bendahara BOS, komite sekolah, dan orang tua siswa. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui 4 alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPS Berdikari Raja kabupaten Nagekeo telah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang tertuang di dalam buku panduan BOS yang meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta pelaporan dana BOS sehingga efektivitas dana BOS dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMPS Berdikari Raja. Namun masih ada kendala yang dihadapi pada saat pembuatan laporan dana BOS yaitu bendahara dana BOS bukan spesifik akuntansi, dan sulit mengakses jaringan internet sehingga menyebabkan informasi dari dinas pendidikan dan pelaporan pertanggungjawaban mengalami hambatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 27/18 Wed e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan, Mutu Pendidikan dan Dana
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
THOMASINE WEDHI, 041424253010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjiptohadi Sawarjuwono, Prof. , S.E., M.Ec., Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2018 11:28
Last Modified: 09 Oct 2018 11:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74471
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item