PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Pelaksanaan Program e-Tax Pajak Restoran di Kota Malang)

HILYATUL AZKIYA, 071411133019 (2018) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Pelaksanaan Program e-Tax Pajak Restoran di Kota Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.30 18 Azk p.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.30 18 Azk p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.30 18 Azk p.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penyelenggaraan birokrasi, pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan menyusun rencana-rencana strategis untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik di Indonesia adalah dengan menerapkan e-Government atau pemerintahan elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penerapan e-Government dalam meningkatkan pelayanan publik pada program e- Tax pajak restoran di Kota Malang. Teori pokok yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori e- Government. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e- Government pada program e-Tax untuk pemungutan pajak restoran mampu menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya pelayanan perpajakan bagi masyarakat/wajib pajak restoran, akan tetapi program e-Tax pajak restoran perlu diperbaiki dari segi landasan hukum dan sistem agar pelayanan dari program tersebut dapat berjalan secara maksimal. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan program ini antara lain adalah: kendala pada peralatan yang ada, dimana wajib pajak restoran masih harus membeli alat dari vendor untuk memunculkan data dari alat e-Tax milik BRI dan juga tidak adanya landasan hukum yang mewajibkan wajib pajak restoran untuk menggunakan program e-Tax menyebabkan program e-Tax pajak restorankurang berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.30/18 Azk p
Uncontrolled Keywords: E-Government, Program e-Tax, Pajak Restoran, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ7461-7980 Expenditures. Government spending
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HILYATUL AZKIYA, 071411133019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFalih Suedi, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Oct 2018 13:22
Last Modified: 09 Oct 2018 13:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item